Kuliner Khas Pangandaran yang Perlu Dicoba Saat Berwisata Pantai

build_links(); ?>
Kuliner Khas Pangandaran

 

Cuma di Pangandaran Anda bisa mencicipi makanan khas berikut. Kuliner di Pangandaran, Jawa Barat, memang khas dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Karena itu, bagi Anda yang berlibur ke Pantai Pangandaran yang ada di Kabupaten Pangandaran ini, sebaiknya Anda tidak melewatkan kuliner khas Pangandaran.

Sejumlah kuliner khas Pangandaran akan Anda temui di sekitar pantai. Beraneka ragam makanan olahan hasil laut nan nikmat menjadikan Pangandaran surga bagi para pemburu makanan laut. Rasanya pun akan cocok di lidah siapa saja.

Berikut wisata kuliner khas Pangandaran yang bisa Anda jajal ketika berlibur di Pantai Pangandaran:

Pindang Gunung

Pindang Gunung

 

Mengutip dari harapanrakyat.com, pindang gunung merupakan makanan legenda khas Pangandaran. Bahkan disebut sebagai makanan khas asli Pangandaran. Pindang Gunung sendiri adalah sup ikan berkuah yang dibumbui dengan bumbu khas sunda yang lezat.

Pindang Gunung banyak disajikan di sejumlah rumah makan di Pangandaran. Beberapa rumah makan bahkan menjadikan Pindang Gunung ini sebagai menu andalan. Ikan yang digunakan dalam menu Pindang Gunung umumnya ikan kakap atau ikan tawar yang masih segar. Harga satu porsi Pindang Gunung ada di kisaran 15 ribu rupiah.

Anda bisa memesan makanan yang satu ini di sejumlah rumah makan yang ada di kawasan Pantai Pangandaran. Menikmati Pindang Gunung dengan diiringi semilir angin pantai, wah sempurna sudah.

Warung Sate Galunggung

Warung Sate Galunggung

 

Sate mungkin bisa Anda temui di mana saja. Tapi, sate Galunggung khas Pangandaran ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Anda bisa menemukan sate ini di warung sate yang ada di Jalan Kidang Pananjung, Pangandaran.

Warung sate Galunggung ini sudah hadir sejak tahun 1970-an. Makanya wajar jika sate Galunggung yang disajikan di sini dianggap sebagai kuliner legendaris khas Pangandaran, sama halnya seperti Pindang Gunung.

Di warung sate Galungung Anda bisa menyantap sate ayam maupun sate kambing yang diolah dengan bumbu sate khas Pangandaran. Bagaimana rasanya? Anda perlu mencicipinya untuk tahu kenikmatan sate ini.

Es Dawet Pangandaran

Setelah seharian berenang dan menjelajahi keindahan Pantai Pangandaran, saatnya Anda menghilangkan dahaga dengan kuliner khas Pangandaran ini. Es Dawet Pangandaran namanya, minuman yang satu ini cocok buat Anda yang seharian kepanasan karena berjalan-jalan sekitar Pantai.

Anda bisa mengunjungi kedai yang menjual Es Dawet Pangandaran di Jalan Pangandaran KM 0,1. Di kedai ini juga dijual berbagai varian menu minuman khas Pangandaran. Salah satunya adalah Dawet Hitam Dawala khas Pangandaran yang jadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke kedai ini.

Soto Jarkowi

Soto Jarkowi

 

Kuliner khas Pangandaran selanjutnya adalah Soto Jarkowi. Menu yang satu ini bisa Anda dapatkan di kedai pinggir jalan di komplek Pasar Pananjung Pangandaran. Lokasinya tidak jauh dari rumah pribadi Susi Pudjiastuti, Menteri Keluatan dan Perikanan Republik Indonesia. Walaupun makanan khas pedagang kaki lima, namun rasanya jangan ditanya lagi. Soto khas Pangandaran ini berbeda rasanya dibandingkan soto-soto lain yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Kedai penjual Soto Jarkowi hanya saung sederhana dari bambu, lokasinya pun ada di pinggir jalan, namun Soto ini banyak diburu para wisatawan. Makanya, Soto Jarkowi selalu penuh oleh para pembeli. Apalagi harganya juga cukup murah, yakni hanya 10 ribu rupiah untuk satu porsi soto Jarkowi.

Rupanya kuah bening dan berwarna kuning menjadi daya tarik yang banyak dicari para wisatawan. Selain itu,  irisan daging ayam yang lembut menambah lezat kuliner khas Pangandaran yang satu ini.

Selain itu bihun dan kerupuk merahnya, yang juga dihiasi taburan irisan daun bawang menjadikan Soto Jarkowi sebagai primadona Kuliner Pangandaran, apalagi porsinya juga cukup besar, karena disajikan dalam mangkuk besar soto khas Pangandaran.

Kampung Turis Pangandaran

Kampung Turis Pangandara

 

Lalu dimana Anda bisa menemukan surga makanan olahan hasil laut atau seefood di Pangandaran? Jawabannya Anda mesti datang ke Kampung Turis Pangandaran.

Kawasan khusus kuliner ini berada di pinggir pantai. Konsep kulinernya akan mengingatkan Anda pada kuliner seefood yang ada di Jimbaran Bali.

Kampung Turis Panganadaran lokasinya ada di jalan Pamugaran atau masih berada di kawasan objek wisata pantai Pangandaran. Ada dua blok yang ada di kawasan kuliner milik Pemkab Pangandaran ini, yakni, satu blok khusus untuk rumah makan yang menyajikan berbagai olahan seafood, sementara satu blok lagi terdapat kafe-kafe yang dijadikan sebagai tempat hiburan malam.

Di blok khusus yang menyajikan berbagai olahan seefood ini, perut Anda akan dimanja dengan menu makanan seefood yang diolah dengan resep makanan khas Sunda. Rasanya pun unik dan sangat otentik. Karena itu, seefood di Pangandaran ini rasanya berbeda dengan seefood di tempat lain.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner Pangandaran yang menyajikan menu khas Pangandaran yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur di Pangandaran. Kuliner khas Pangandaran ditambah dengan sensasi makan di pinggir pantai akan membawa kesan tersendiri bagi Anda penikmat kuliner.

Leave a reply "Kuliner Khas Pangandaran yang Perlu Dicoba Saat Berwisata Pantai"