Mainan yang Cocok Diberikan untuk Anak Usia 1 Tahun

No comment 168 views

Mainan untuk anak 1 tahun

Mainan untuk anak 1 tahun sangat beragam, orang tua harus jeli memilih jenis mainan apa yang sesuai untuk melatih kecerdasan dan ketangkasan si anak. Pada dasarnya anak-anak itu terlebih yang masih di usia 1 tahun, lebih menyukai mainan dengan warna-warna yang cerah. Sebab mata anak baru bisa mengenali benda-benda di sekitarnya berdasarkan warna.

Memilih mainan untuk anak tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya membutuhkan pertimbangan yang tepat demi menjaga agar mainan yang dipilih memberikan dampak yang baik untuk anak. Pada usia 1 tahun, anak akan berekspresi pada maenan berdasarkan bentuk, ukuran dan ruang. Anak juga cenderung berekplorasi dengan panca inderanya melalui mainan. Maka dari itu orang tua sebaiknya memilih mainan yang dapat menunjang kreatifitas, ekspresi dan kemampuannya motoriknya. Berikut ini adalah beberapa jenis mainan yang cocok diberikan untuk anak yang berada pada rentang usia 1 tahun;

  1. Mainan Lego atau blocks

Anak-anak terutama yang berusia 1 tahun ke atas sangat senang bermain menyusun lego, menghancurkan dan kemudian menyusunnya kembali. Meskipun akan membuat suasana rumah menjadi riuh dan beserak, namun mainan seperti ini sangat ampuh untuk menumbuhkan kreativitas anak.

  1. Mainan mencocokkan bentuk

Selanjutnya, mainan yang bisa diberikan untuk anak 1 tahun adalah mainan mencocokkan bentuk. Mainan seperti ini sangat mudah ditemukan dalam bentuk yang modern maupun tradisional yang terbuat dari kayu. Dalam sebuah mainan, terdapat beberapa bentuk (model) seperti bintang, oval maupun bulatan. Ada juga yang dalam bentuk angka maupun huruf-huruf. Dengan bermain mainan ini, anak akan berusaha untuk mencocokkan benda pada lubang-lubang yang sesuai. Yah, meskipun terlihat sederhana namun mainan yang seperti ini ternyata dapat dapat melatih kecerdasan motorik anak.

  1. Bola warna-warni

Memberikan mainan berupa bola yang berwarna-warni juga akan membangun mood anak menjadi lebih baik. Anak-anak sangat menyukai sesuatu yang berwarna-warni terlebih bola. Mainan ini dapat dilemparkan kemudian ditangkap, sehingga dapat mengasah keterampilan motoriknya. Selain itu, mainan bola warna-warni ini juga dapat melatih keterampilan bahasa karena anak 1 tahun cenderong akan mengoceh jika sedang bermain.

  1. Puzzle berpotongan besar

Mainanan puzzle juga bagus diberikan untuk anak usia 1 tahun. Namun pilihlah puzzle yang memiliki potongan agak besar sehingga ia tidak begitu kesulitan untuk memainkannya. Untuk tema puzzle sendiri bisa berupa gambar hewan atau buah-buahan. Biasanya bentuk-bentuk ini lebih menarik untuk dimainkan oleh si anak. Bermain puzzle bermanfaat untuk melatih koordinasi mata, tangan dan kemampuan visual si kecil.

  1. Kitchen Set Mainan

Mainan selanjutnya yang bisa Anda berikan untuk si kecil adalah mainan kitchen set. Jenis mainan ini bisa digunakan untuk anak perempuan dan laki-laki. Jika anak senang menemani Anda di dapur, bermain dengan peralatan dapur, maka kitchen set mainan dapat mengalihkan perhatiannya, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi si kecil terkena percikan minyak atau tersiram air panas.

Dengan bermain kitchen set bersama, Anda bisa memperkenalkan berbagai peralatan dapur kepada si kecil sedari dini. Sehingga dapat membentuk minat dan ketertarikan terhadap hal-hal yang berhubungan dengan masak-memasak.

Leave a reply "Mainan yang Cocok Diberikan untuk Anak Usia 1 Tahun"