Manfaat Bercerita Tentang Keluarga Kepada Anak-Anak

No comment 139 views

Cerita Tentang Keluarga

Membacakan cerita atau dongeng kepada anak-anak ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi pertumbuhan otaknya. Anak yang sering mendengarkan cerita atau dongeng dari orang tuanya terbukti lebih unggul dalam prestasi dan berbagai hal terkait kegiatan akademis. Apalagi cerita yang dibacakan mengandung nilai-nilai kehidupan seperti cerita tentang keluarga, akan merangsang psikologi anak dan juga meningkatkan prestasi akademiknya.

Saat ini sudah banyak beredar cerita-cerita motivasi anak yang dikemas dalam bentuk dongeng, fable dan bentuk-bentuk unik lainnya. Ini merupakan media yang tepat untuk mengajarkan pada anak tentang makna yang disampaikan dalam cerita tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana orang tua mau memotivasi anak untuk mendengarkan cerita-cerita yang disampaikan kepadanya. Nah, untuk itu agar orang tua pun semangat untuk bercerita kepada anak-anaknya, ada beberapa hal yang perlu orang tua ketahui tentang manfaat bercerita tentang keluarga kepada anak, diantaranya adalah:

1. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Rasa keingintahuan anak terhadap keluarga, seperti bagaimana menjaga keharmonisan antara anak dengan orang tua dapat ditumbuhkan mulai dari membacakan cerita-cerita tentang keluarga kepada si anak. Secara psikologi, anak-anak akan lebih mudah merespon cerita-cerita dalam bentuk dongeng, fable (cerita bergambar), maka dari itu sajikan cerita bergambar kepada anak agar dia lebih mengerti cerita yang orang tua bacakan. Otak anak akan merespon pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut sehingga muncul motivasi pada dirinya untuk ingin tahu hal-hal yang lebih jauh lagi. Saat itu orang tua akan dihujani oleh pertanyaan-pertanyaan darinya yang penasaran akan hal-hal lainnya. Selain itu manfaat bercerita ini juga dapat membentuk karakter anak menuju remaja. Sehingga anak-anak mampu membedakan hal-hal positif dan negatif untuk perkembangan masa remajanya yang lebih baik.

2. Menumbuhkan Sikap Kritis

Sikap kritis memang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari terutama saat anak berada dilingkungan sekolah atau tempat ia bersosialisasi dengan teman. Sikap kritis ini dapat dibentuk melalui proses bercerita (mendongeng). Anak akan mampu menyaring hal-hal yang positif dan tidak mudah terpengaruh pada kehidupan luar yang cenderung negatif.

3. Meningkatkan Kemampuan Anak

Selain membentuk sikap kritis dan rasa ingin tahu yang kuat, bercerita (mendongeng) juga sangat baik untuk meningkatkan kemampuan anak. Anak yang sering dibacakan cerita akan memiliki kosakata yang lebih banyak dibandingkan dengan anak yang tidak pernah dibacakan cerita apapun. Sehingga dengan begitu anak akan lebih cepat berbicara serta keinginan untuk belajar akan semakin tinggi.

Leave a reply "Manfaat Bercerita Tentang Keluarga Kepada Anak-Anak"