Manfaat Membuat List Belanja

No comment 2763 views
build_links(); ?>

Membuat List Belanja Bulanan List belanja bulanan merupakan salah satu cara untuk menekan pengeluaran bulanan anda. Untuk menghemat pengeluaran bulanan, ada baiknya untuk merencanakan apa saja yang ingin anda belanjakan dalam satu bulan penuh. Salah satu kebiasaan buruk dari masyarakat modern adalah belanja di luar rencana. Tidak jarang anda akan tersadar bahwa sebenarnya anda tidak perlu membeli beberapa barang yang sudah anda berikan ke kasir.

Untuk menghindari kejadian di atas, sebenarnya ada satu hal sederhana yang bisa anda lakukan. Membuat list belanja bulanan. Dengan list ini, anda bisa mengeluarkan uang belanja dengan lebih efektif dan efisien. Yang lebih ekstrim adalah, berikan list belanja tersebut pada penjual di konter, kemudian biarkan penjual tersebut yang mengambil barang yang anda butuhkan. Namun, hal itu tentu hanya bisa anda lakukan di toko-toko kecil, tidak di swalayan.

Sebenarnya tidak perlu melakukan cara yang cukup ekstrim tersebut. Cukup dengan membuat list apa saja yang anda butuhkan, lalu kuatkan diri anda untuk tidak mengambil barang-barang yang sekiranya tidak begitu dibutuhkan. Manfaatnya ada banyak, yang pertama adalah anda bisa menghemat uang bulanan, kedua adalah anda tidak akan menyimpan barang-barang yang tidak begitu dibutuhkan sehingga gudang tidak akan menjadi lebih sempit. Ketiga, anda bisa mengajarkan anak untuk berhemat dan disiplin dengan apa yang sudah direncanakan. Hal ini tentu saja dengan cara mengikut sertakan anak ketika membuat list dan berbelanja di swalayan maupun pasar tradisional.

Leave a reply "Manfaat Membuat List Belanja"