Mau Ajukan Pinjaman Online? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut ini.

build_links(); ?>

Kemajuan teknologi sudah menjangkau hampir ke semua bidang kehidupan, termasuk keuangan. Hadirnya teknologi pada bidang keuangan turut mendorong lahirnya banyak layanan keuangan online yang bisa memberikan kemudahan bagi mereka yang membutuhkan uang tunai dengan cepat dan mudah. Salah satu satunya adalah peruhaan dengan konsep Fintech. Keberadaan Fintech memang bukan sebuah hal baru lagi saat ini. Pertumbuhannya bahkan semakin cepat. Sebagai perusahaan yang bisa memberikan pinjaman online kepada nasabah, tentu ini bisa menarik lebih banyak nasabah karena memang sistem yang digunakan sangat memudahkan dan bisa langsung cair saat itu juga.

Pinjaman Online

 

Akan tetapi, bagi calon nasabah yang akan melakukan pinjaman uang secara online melalui Fintech, sebaiknya tetap harus waspada. Meskipun syarat yang dibebankan tidak sulit, dan prosesnya yang menggunakan aplikasi online, namun Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan. Sebab, tidak bisa dipungkiri, jika saat ini perusahaan Fintech semakin banyak dan tersebar luas. Jika Anda tidak paham betul dengan perusahaan tersebut, bisa-bisa Anda akan mengalami masalah dikemudian hari. So, bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman online, ada baiknya Anda ketahui dahulu beberapa hal berikut ini:

  1. Aplikasi Pinjaman Uang Online Harus Terdaftar di OJK

Hal pertama yang mesti menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman online adalah pastikan dulu bahwa aplikasi peminjaman uang online yang ingin Anda gunakan sudah terdaftar resmi di Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini sangat penting mengingat segala sesuatu yang berkaitan dengan transaksi keuangan sebaiknya harus terdaftar resmi di OJK. Sama halnya dengan dunia perbankan dan sejenis, yang telah terdaftar di OJK. Tujuannya adalah untuk melindungi nasabah dari segala resiko yang bisa menimbulkan kerugian. Dengan perusahaan Fintech yang telah terdaftar di OJK, maka Anda bisa lebih tenang dan aman saat melakukan peminjaman secara online.

  1. Menghitung Bunga & Cicilan

Saat Anda akan melakukan pinjaman, sebaiknya Anda telah mengetahui betul terkait besar bunga yang harus Anda bayarkan nantinya. Jangan mau melakukan transaksi apapun jika informasi terkait besarnya bunga pinjaman tidak buka secara gamblang. Hal ini sangat penting, karena ini menyangkut masalah keamanan dan kenyamanan Anda.

Terkait bunga pinjaman, pilihlah perusahaan Fintech yang memberikan bunga pinjaman paling rendah. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Anda, supaya Anda tidak terbebani pada saat membayar cicilan. Nah, untuk mendapat informasi ini, Anda bisa mengunjungi beberapa situsnya secara langsung atau bisa jga melalui situs-situs perbandingan Fintech yang banyak tersebar di internet.

Selain itu, pastikan juga besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Mengenai besarnya cicilan, pertimbangkan hal ini berdasarkan kesanggupan Anda untuk membayarnya. Mungkin Anda harus menghitung kembali besaran gaji Anda dan pemasukan lainnya. Jangan sampai jumlah cicilan malah nantnya lebih besar dari pendapatan Anda. Yang ada, malah Anda akan terlilit hutang.

  1. Cari Tahu Syarat & Ketentuan Pinjaman

Biasanya saat mengajukan pinjaman online, Anda akan diberitahu terkait apa saja syarat dan ketentuan peminjaman. Sebelum memutuskan, pastikan Anda telah mengetahui betul apa saja persyaratan dan ketentuan yang harus Anda penuhi.

Rata-rata perusahaan Fintech memberlakukan persyaratan dan ketentuan yang sama. Namun biasanya ada beberapa  persyaratan ataupun ketentuan yang juga berbeda, misalnya tanggal jatuh tempo pembayaran, ataupun berkas-berkas yang harus dipersiapkan. Untuk berkas peminjaman, sebagai langkah awal biasanya Anda akan diminta untuk meng-upload slip gaji. Nah, jika Anda tidak lolos verifikasi berkas ini, biasanya semua proses akan terhenti dan Anda tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jadi, sebelum masuk ke tahap awal, pastikan bahwa berkas Anda sudah siap dan sesuai dengan ketentuan yang diminta, agar semua proses dapat berjalan dengan lancar.

  1. Lihat Ulasan Aplikasi Pinjaman Uang Online

Hal selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih perusahaan mana tempat Anda untuk meminjam uang online adalah dengan melihat/membaca ulasannya melalui Playstore. Karena perusahaan Fintech ini menggunakan aplikasi online, maka bisa mencari ulasannya melalui layanan Google Playstore. (App store). Melalui ini, Anda bisa melihat ulasan atau rating dari nasabah sebelumnya terkait dengan layanan Fintech tersebut. Lihat ulasan positif dan juga negatif, jika lebih banyak ulasan negatif, maka sebaiknya Anda pertimbangkan betul-betul untuk menggunakan layanan tersebut. Namun jika setelah Anda melihat dan banyak ulasan positifnya, maka itu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.

Selain melalui Playstore atau App store, Anda juga perlu melihat ulasan lainnya melalui blog-blog. Biasanya mereka yang telah menggunakan layanan Fintech, akan memberikan review terkait kelebihan dan kekurangan aplikasi Fintech yang pernah mereka coba. Silahkan pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum Anda mengambil keputusan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum meminjam uang lewat perusahaan Fintech. Nah, jika Anda membutuhkan informasi yang lebih akurat terkait peminjaman uang online, Anda bisa menemukan informasi lengkapnya melalui https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/. Di situs ini Anda bisa menemukan Fintech yang memberikan bunga terendah hingga 0,65% saja. Jadi silahkan manfaatkan dengan baik kesempatan ini.

Leave a reply "Mau Ajukan Pinjaman Online? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut ini."