Mau Tahu Biaya yang Dihabiskan untuk Membuat Mobil Balap F1?

build_links(); ?>

Mobil Balap F1

Rio Haryanto, pembalap asal Indonesia ini belakangan menjadi momok perbincangan masyarakat lantaran akan menjajal event balap paling bergengsi di seluruh dunia yaitu Formula 1. Pembalap asal Solo ini bahkan telah menjajal mobil yang akan digunakannya untuk balapan kelak untuk mengukur seberapa tangguhkah kendaraan yang akan dijadikan senjatanya pada balapan Formula 1 musim ini.

Kita telah sama-sama mengetahui, event balap ini merupakan salah satu event balap paling bergengsi di dunia sebab bisa menghabiskan biaya yang setinggi langit. Biaya tersebut akan digunakan mulai dari biaya operasional, gaji pegawai, pembalap dan membuat mobil balap yang bisa melaju secepat kilat di lintasan balap. Setiap tim yang mengikuti ajang balap ini memang mengeluarkan anggaran yang berbeda-beda sesuai dengan kelasnya masing-masing. Namun tim-tim besar seperti Ferrari, Red Bull dan McLaren yang terkenal dengan spesialis mobil termahal di dunia ini diprediksi dapat menghambur-hamburkan uang di lintasan balap mencapai US$ 320 juta atau setara dengan Rp 4,3 triliun di setiap musimnya. Berbeda dengan mereka, tim-tim menengah ke bawah bisa menghabiskan biaya sebesar US$ 60 juta atau setara dengan Rp 807 miliar setiap musimnya.

Meski banyaknya bocoran angka yang diprediksikan oleh para pengamat otomotif, tidak ada angka pasti yang secara resmi menyiarkan biaya yang dikeluarkan oleh setiap tim untuk mengikuti ajang balap bergengsi ini. Sejumlah media-media otomotif asing memperkirakan berapa biaya yang dibakar habis oleh para tim dalam mengikuti ajang balap ini, yang tentu saja biaya yang paling banyak keluar adalah untuk mobil balap yang digunakan oleh para pembalapnya.

Ambil saja rata-ratanya, biaya untuk membuat sebuah mobil balap yang dapat melaju secepat kilat dalam lintasan balap berkisar antara US$ 9,4 juta atau sekitar Rp 126 miliar pada musim 2014 lalu. Untuk Anda ketahui, mobil Formula 1 ini terdiri atas beberapa bagian yang dibuat terpisah. Harga yang dibanderol untuk setiap unit pun juga berbeda, namun yang akan paling memakan biaya mahal yaitu adalah mesin dan sasis. Umumnya, mobil-mobil balap yang melaju dalam lintasan Formula 1 memiliki spesifikasi mesin 1.6 liter turbo-charged V6. Pemasok mesin ini tentunya juga merupakan produsen mobil mewah yang seringkali kita lihat di media-media yaitu Ferrari, Mercedes dan McLaren. Untuk setiap mesin yang diproduksi penjualannya bisa mencapai harga sekitar US$ 7,7 juta atau setara dengan Rp 103 miliar. Itu baru mesin saja loh.

Belum lagi bagian sasis yang digadang sebagai salah satu bagian termahal dari mobil-mobil balap di lintasan Formula 1. Rangka bagian bawah yang terbuat dari serat karbon monocoque harganya bisa mencapai US$ 650 juta atau setara dengan Rp 8,7 miliar. Serat karbon monocoque merupakan bahan sintesis yang kuat namun ringan sehingga mobil balap dapat melesat cepat dengan ringannya. Lalu untuk gearbox sendiri dipatok dengan harga US$ 480 ribu.

Selain kedua bagian temahal tersebut, yang tak kalah penting yaitu kemudi atau setir. Setiap setir yang digunakan pada mobil balap Formula 1 harganya dapat melebihi angka US$ 50 ribu. Lalu tangki bahan bakarnya saja juga dapat dibanderol dengan harga mencapai US$ 110 ribu. Berikut rincian biaya yang dihabiskan pada ajang balap Formula 1:

  • Sayap dan corong depan: US$ 160 ribu
  • Sayap belakang dan DRS: US$ 80 ribu
  • Mesin: US$ 7,7 juta per unit
  • Sasis: US$ 650 ribu per unit
  • Gearbox: US$ 480 ribu
  • Cooling System: 160 ribu
  • Setir atau kemudi lingkar: US$ 50 ribu
  • Tangki bahan bakar: US$ 110 ribu
  • Hidrolik: US$ 160 ribu

Leave a reply "Mau Tahu Biaya yang Dihabiskan untuk Membuat Mobil Balap F1?"