Memperbaiki Suasana Hati

No comment 1514 views
build_links(); ?>

Tahukah anda, bahwa salah satu manfaat sinar matahari adalah dapat membuat anda merasa bahagia? Mungkin terdengar mustahil, namun hal ini terbukti secara ilmiah. Cobalah untuk diam di rumah dalam waktu yang lama, tanpa melangkah ke luar apalagi terkena sinar matahari. Lambat laun anda akan merasa stress, bosan, suntuk, malas, dan berakhir depresi. Menurut sekelompok peneliti, sinar matahari ternyata dapat mengubah mood seseorang. Ini terbukti dengan suasana hati masyarakat yang cenderung lebih ceria ketika sedang musim panas.

Memperbaiki Suasana Hati Sinar matahari ternyata dapat meningkatkan produksi Serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang mengatur suasana hati, waktu tidur, nafsu makan, dan memori otak. Inilah yang menyebabkan kita akan merasa lebih senang bahkan jika hanya jalan-jalan ke luar menikmati cahaya matahari. Sinar matahari juga dapat menghentikan produksi hormon melatonin, sebuah hormon yang diproduksi tubuh pada malam hari yang membuat kita merasa ngantuk. Keluar rumah selama beberapa menit setiap pagi, akan membantu “mengingatkan” tubuh kita bahwa hari sudah pagi. Tubuh akan lebih mudah mengatur proses biokimia, fisiologi, dan perilakunya jika anda rutin terkena sinar matahari setiap hari.

Tak hanya memperbaiki suasana hati dan waktu tidur, manfaat sinar matahari juga dapat kita rasakan langsung pada kesehatan tubuh. Sinar matahari dapat membunuh bakteri jahat dan bahkan bisa menyembuhkan luka. Beberapa penyakit kulit pun bisa disembuhkan hanya dengan cahaya matahari. Menakjubkan, bukan?

Leave a reply "Memperbaiki Suasana Hati"