Menangani Bayi dengan Alergi Susu Sapi

1 comment 1409 views

Alergi Susu Sapi

Memiliki bayi merupakan hal terindah bagi setiap orang tua. Tak heran jika mereka berusaha memberikan nutrisi terbaik bagi bayi mereka terutama pada awal kelahirannya. Salah satu cara mereka memberikan nutrisi terbaik adalah dengan memberikan susu formula sapi yang kaya akan vitamin. Namun sayangnya tak semua bayi mampu mencerna laktosa dalam susu sapi. Sering kali mereka mengalami alergi susu sapi pada anak anda. Tapi apakah Anda sudah mengetahui bagaimana menangani bayi yang mengalami alergi pada susu sapi?

Jika bayi Anda mengalami alergi pada susu sapi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Antara lain:

  • Menghentikan pemberian susu sapi formula kepada bayi.
  • Ada baiknya segera membawa bayi Anda ke laboratorium untuk mengetahui apakah positif mengalami intoleransi laktosa atau justru mengalami kelainan pencernaan lainnya.
  • Disarankan untuk memberikan ASI atau air susu ibu selama berhenti mengkonsumsi susu sapi formula.
  • Sebelum disarankan dokter, lebih baik jangan terburu-buru memberikan jenis susu lain meskipun tidak mengandung laktosa.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat bayi Anda mengalami gejala alergi pada susu sapi.

Umumnya banyak orang tua yang tidak sadar jika bayinya sedang mengalami alergi laktosa pada susu sapi. Wajar saja karena tanda-tanda yang muncul cenderung seperti gejala sakit biasa. Akan tetapi gejala alergi pada susu sapi ini memiliki perbedaan. Misalnya saja timbulnya ruam dan bintik merah pada kulit bayi. Selain itu bayi juga tampak gelisah dan sering rewel. Hal ini bisa terjadi karena bayi merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Apalagi bayi sudah mengalami sesak nafas karena alergi.

Untuk masa penyembuhan karena alergi susu sapi ini bervariasi. Umumnya sekitar 2 hingga 4 minggu. Tak hanya bayi Anda saja yang dilarang mengkonsumsi susu sapi. Anda sebagai seorang ibu juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sapi ataupun aneka olahannya. Karena kandungan laktosa dalam susu sapi tersebut bisa menyebar ke dalam ASI yang Anda berikan kepada bayi Anda. Sekarang Anda sudah tahu bukan bagaimana menangani bayi Anda yang mengalami intoleransi laktosa.

  1. author

    anisa2 years ago

    Susu kacang edamame bisa untuk alternatif bagi intoleransi laktosa, tp tetap saja diskusi dengan dokter dahulu

    Reply

Leave a reply "Menangani Bayi dengan Alergi Susu Sapi"