Mencairkan Western Union di Indomaret

4 comments 919 views

Artikel kali ini saya buat lebih kepada sharing tentang pengalaman saya mencairkan uang di Western Union (WU) melalui Indomaret. Sebenarnya ini adalah pertama kalinya saya mencairkan WU di Indomaret, sedangkan sebelum-sebelumya saya biasa mencairkan WU di kantor pos dan sekali-sekali melalui bank BCA. Namun karena banyak teman yang mengatakan kalau untuk mencairkan Western Union dapat dilakukan melalui Indomaret, saya pun jadi tertarik untuk mencobanya dan berhubung juga lokasi Indomaret berada tidak jauh dari komplek tempat tinggal saya (±200 meter).

Mencairkan Western Union di Indomaret Beberapa hari yang lalu saya terima pembayaran dari Google Adsense ke Western Union, karena nominalnya juga tidak banyak saya putuskan untuk mencoba mencairkannya melalui Indomaret, yah.. hitung-hitung sambil menambah pengalaman juga. Dan ternyata hasilnya tidak semulus seperti yang saya bayangkan.

Awalnya saya mencoba mencairkan Western Union di Indomaret yang berada di komplek tempat tinggal saya (Komp. Sri Gunting - Deli Serdang) dan hasilnya di TOLAK dengan alasan bahwa Indomaret tersebut adalah franchise sehingga tidak dapat digunakan untuk mencairkan WU, namun bisa untuk mengirim WU. Lalu saya pun beralih ke Indomaret yang ada di jalan Sei Mencirim (Deli Serdang) yang letaknya cukup jauh dari Indomaret pertama (2-3 KM) dan itu juga hasilnya di TOLAK dengan alasan yang sama.

Tidak berhenti sampai disitu saya pun mencoba menuju Indomaret-Indomaret berikutnya namun kali ini saya menuju ke Medan. Indomaret yang saya datangi (Indomaret Sunggal, Ringroad, Setia Budi, Dr. Mansyur, Wahid Hasyim dan Abdullah Lubis) dan ternyata hasilnya pun sama saja (di Tolak). Karena sudah lelah mutar-mutar tapi tidak ada hasilnya, saya pun memutuskan untuk menuju Kantor Pos yang berada sudah tidak jauh lagi dari lokasi Indomaret terakhir yang menolak mencairkan Western Union.

Melintasi jalan Gajah Mada Medan, saya melihat ada sebuah Indomaret yang tidak begitu besar namun cukup ramai pengunjungnya. Karena masih penasaran dengan teman yang mengatakan bahwa di Indomaret bisa mencairkan Western Union, saya pun memutuskan untuk mencoba yang terakhir kalinya di tersebut dan siapa sangka akhirnya kali ini di TERIMA dan tidak memakan waktu lama WU pun dapat di cairkan.

Nah, dari pengalaman ini bisa saya simpulkan bahwa tidak semua Indomaret dapat mencairkan Western Union. Mungkin ini dikarenakan Indomaret tersebut bukanlah Agen Western Union, sehingga tidak dapat digunakan untuk mencairkan uang dari WU dan hanya bisa digunakan untuk mengirim saja. Selain itu bila anda ingin mencairkan WU di Indomaret nominal tertinggi yang bisa di cairkan hanya 1,5 Juta saja per hari, jadi bila WU anda berisi nominal lebih dari itu, maka tempat yang tepat untuk mencairkan WU adalah Kantor POS atau di BANK karena nominal tertinggi bisa mencapai 8 juta.

Data yang dibutuhkan untuk mencairkan uang di Western Union Indomaret

  1. Jumlah Pembayaran
  2. Nomor Kendali Transfer Uang (MTCN)
  3. Fotocopy KTP
  4. Informasi Lengkap Pengirim

Catatan:

  • Untuk KTP, bila data-data anda tidak sama dengan data yang ada di akun Google Adsense, seperti alamat tidak lengkap atau KTP sudah expired, untuk proses pencairan melalui Western Union Indomaret, besar kemungkinan tidak ada masalah karena verifikasinya tidak begitu ketat seperti di Kantor POS atau BANK.
  • Sebagian ada yang mengatakan kalau dahulu pencairan Western Union di Indomaret membutuhkan MATERAI 6000, namun yang sekarang tidak lagi dibutuhkan Materai.
  • Rate (Kurs) Western Union Indomaret tidak sama seperti yang ada di WU Currency Converter, selisihnya sekitar Rp. 100 - Rp. 200.
  • Jangan lupa untuk berbagi rejeki dengan memberikan sedikit uang tip buat petugas kassirnya, dan ini juga bisa untuk memperlancar proses pencairan-pencairan Western Union anda berikutnya.
author
I am a student majoring in Civil Engineering S1. I pursue internet marketing and online business since early 2009. The Internet is a world that is very interesting to follow, always evolving and growing so I kept trying to follow the developments. Gabung Google Plus
  1. author

    salim2 years ago

    terima kasih banyak sudah share pengalaman, saya juga sangat ingin cairkan WU di indomaret.. dan sedang menunggu earning cukup dulu nih

    Reply
  2. author

    ayu2 years ago

    seru banget cerita pencairan WU, terutama bagian fee kasirnya. sukses selalu buat blog nya mas.

    Reply
  3. author

    Jaka2 years ago

    Kemarin lusa saya belanja di indomaret yg anda sebutkan di jalan gajah mada itu :D
    Btw, banyak ya hasilnya.. Dri.blog mana kang?? Blog ini??

    Reply
    • author
      Author

      Velli, Md.2 years ago

      oya, kok gak jumpa ya kang!
      btw.. kang jaka orang medan juga ya?
      ia tuh hasil dari ACC blog ini kang!!!

      Reply

Leave a reply "Mencairkan Western Union di Indomaret"