Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

No comment 80 views
build_links(); ?>
modal usaha kota Medan

 

Pertumbuhan industri kecil di kota Medan, kian hari semakin menunjukkan angka yang mengejutkan. Banyak orang yang mulai melirik usaha kecil, seperti grosir, rumah makan, ternak dan sebagainya, karena selain modal usahanya yang tidak begitu besar, juga karena perputaran uangnya yang cepat. Namun sayangnya, kemajuan industri kecil seperti ini sering kali terkendala oleh modal. Meskipun masyarakat bisa mendapatkan bantuan modal usaha kota Medan, namun persyaratan yang diberikan oleh lembaga keuangan terkadang cukup menyulitkan dan terkesan memberatkan bagi si peminjam modal. Mulai dari kelengkapan berkas administrasi, hingga masalah jaminan (agunan) menjadi prioritas utama suatu lembaga keuangan untuk dapat memberikan pinjaman modal. Dan sayangnya, kebanyakan pelaku industri kecil tidak memiliki itu, sehingga dibutuhkanlah solusi yang tepat agar pelaku industri kecil bisa mendapatkan pinjaman modal meski tidak memiliki jaminan.

Cara Mudah dan Cepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan  

Mungkin kita semua akan setuju jika, modal usaha merupakan ‘nyawa’ dari keberlangsungannya sebuah usaha. Hal ini sifatnya penting dan sangat mendesak untuk kemajuan sebuah usaha yang tengah berjalan atau akan dijalankan. Sayangnya, ketersediaan jaminan sering kali menjadi penghambat untuk mendapatkan bantuan modal usaha. Apalagi tidak semua perbankan “welcome” terhadap kredit tanpa agunan. Sehingga pencari modal harus pintar-pintar menemukan lembaga keuangan mana yang mau memberikan pinjaman tanpa jaminan.

Nah, khusus bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman modal usaha, sebenarnya ada beberapa tempat peminjaman modal usaha yang bisa memberikan Anda pinjaman meski tanpa jaminan. Diantaranya adalah:

1. Keluarga dan Kolega

Meskipun sering dianggap remeh, namun keluarga dan kolega merupakan tempat paling utama yang mesti Anda coba bila ingin mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Maka dari itu, sedininya, menjaga hubungan baik dengan pihak keluarga dan kolega sangat dibutuhkan. Sehingga pada saat-saat mendesak seperti sekarang ini, mereka akan dengan senang hati membantu mengatasi masalah Anda.

Keuntungan meminjam modal usaha pada keluarga dan kolega, selain Anda tidak perlu memiliki jaminan, Anda juga tidak khawatir jika tidak memiliki surat ijin usaha (SIUP). Sebab pada dasarnya, pinjaman kepada keluarga dan kolega berdasarkan pada asas kepercayaan saja. Namun ada satu hal yang mesti Anda perhatikan bila ingin meminjam modal usaha dari keluarga atau kolega. Buatlah sebuah perjanjian yang jelas, meliputi lamanya peminjaman, jumlah uang yang akan dikembalikan (bagi hasil usaha) dan lainnya, harus benar-benar mantap dibicarakan. Bila perlu, buat juga perjanjian tertulis agar memiliki kekuatan hukum.

2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit usaha rakyat atau yang disingkat dengan nama KUR merupakan solusi lain bagi Anda yang ingin mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. KUR ini hampir tersedia di seluruh lembaga perbankan nasional. Jadi tidak sulit untuk mendapatkan pinjaman lewat KUR, selama semua persyaratan yang diberikan terpenuhi.

Bunga yang dikenakan juga tidak begitu besar, rata-rata bunga KUR hanya berkisar 7% per-tahun, dengan kata lain Anda cukup membayar bunga sebesar 0,6% saja setiap bulannya. Namun sayangnya KUR ini memiliki satu kelemahan, yakni pinjaman yang diberikan jumlahnya tidak begitu besar. Sebab, pada dasarnya KUR memang diperuntukkan bagi pengusaha kecil saja. Sehingga, mungkin pinjaman yang Anda dapatkan tidak mencukupi kebutuhan Anda. 

3. Modal Venture

Modal venture ini sebenarnya hampir mirip saat Anda meminjam modal kepada Kolega. Hanya saja di modal venture, yang memberikan pinjaman usaha kepada Anda adalah pelaku usaha lain (lembaga non-bank). Modal venture tersebut akan menanamkan ‘modal’ nya pada usaha Anda. Nominal pinjaman yang diberikan tergantung dari pengajuan Anda dan hasil survey dilapangan. Biasanya, pembagian keuntungan bila Anda mendapatkan pinjaman dari modal venture lewat sistem bagi hasil. Mulai dari 30 : 70, 40 : 60 atau 50 : 50, itu semua tergantung dari kesepakatan yang ditawarkan oleh modal venture pada Anda.

4. Kredit Tanpa Agunan

Mungkin Anda cukup familiar dengan yang namanya KTA (Kredit Tanpa Agunan). Ini merupakan solusi yang paling cepat dan mudah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa harus memiliki jaminan, khususnya bagi Anda yang berada di kawasan Medan dan sekitarnya. Hampir semua bank konvensional menyediakan produk KTA. Plafon pinjaman juga lebih besar dibandingkan dengan KUR. Jadi jika Anda membutuhkan pinjaman modal usaha dalam jumlah yang besar (lebih dari 100 juta), KTA ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.

Kelebihan dari kredit tanpa agunan ini adalah tenor pinjamannya yang cukup lama hingga 60  bulan. Selain itu, bunga yang dikenakan juga bervariasi tergantung besar dan tenor pinjaman Anda. Tak sampai disitu, KTA juga semakin diminati lantaran proses pencairannya yang sangat cepat dan mudah. Untuk persyaratan umum mendapatkan KTA di bank, adalah usia minimal 21 tahun dan maksimalnya 65 tahun. Memiliki KTP, NPWP dan SIUP yang masih aktif serta melampirkan fotocopy buku tabungan. Untuk persyaratan lainnya, tergantung bank mana yang mengeluarkan KTA.

Nah, Anda ingin mengajukan KTA untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cepat dan mudah? Silahkan akses ke laman https://www.cekaja.com/small-business-banking. Disitu Anda bisa mendapat pinjaman untuk usaha kecil dan menengah, dengan bunga yang rendah mulai dari 1,25%. Untuk informasi lengkapnya, silahkan langsung saja akses ke situs tersebut.

Leave a reply "Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan"