Mengembangkan Usaha Kecil Kamu dengan E-commerce

1 comment 5585 views
build_links(); ?>

Bila kamu saat ini pemilik Usaha Usaha Kecil Menengah UKM ada baiknya mulai memperkenalkannya ke masyarakat luas melalui internet, karena salah satu kunci keberhasilan usaha mikro adalah tersedianya target pasar yang jelas bagi usaha mikro tersebut, dan internet dapat memberikan solusi bagi kunci keberhasilan tersebut.

Bisnis E-commerce Banyak orang beranggapan membuat bisnis online itu hal yang sulit karena harus membuat sistem pembelian online, pembayaran online, pemesanan online dan lain-lain. Sebetulnya hal-hal semacam itu tidak perlu ditakutkan karena kita bisa melakukan pemanfaatan internet secara bertahap. Misalnya mulailah menggunakan komputer untuk mendata produk-produk Anda dan daftar para konsumen Anda.

Memasarkan usaha dengan online dapat  dimulai dari hal yang kecil contohnya buatlah akun-akun UKM Anda pada sosial media, di sosial media seperti facebook, twitter, instagram. Dengan sosial media kita dapat memasarkan usaha kita, sehingga konsumen yang dimiliki akan lebih luas. Cantumkanlah alamat usaha Anda, nomor kontak ke usaha Anda, produk/jasa yang Anda jual dan berbagai informasi mengenai usaha mikro Anda.

Bila Anda telah bisa mengatur pemasaran di sosial media, cobalah membuat website khusus untuk usaha Anda sendiri. Membuat website juga cukup mudah dan gratis, seperti membuat blog pada wordpress atau blogspot. Terangkanlah jenis usaha Anda website/blog Anda, disana Anda juga bisa dengan bebas memajang gambar produk/jasa yang Anda jual, sehingga Anda tidak perlu benar-benar memajang semua produk pada toko fisik Anda, cukup foto dan masukan ke website maka seluruh orang didunia dapat melihatnya. Sehingga Anda cukup memasarkan link kepada website Anda pada masyarakat atau pada sosial media. Praktis bukan?

Sama mudahnya dengan membangunnya namun sebuah website juga dapat ‘jatuh’ dengan mudah, bisnis online adalah bisnis kepercayaan. Seperti pemilik website usaha, para konsumen juga mengharapkan sebuah kepraktisan dalam melakukan transaksi, maka bila terjadi kesalahan pengiriman atau pelayanan yang buruk, sebuah website bisa aja dengan mudah ditinggalkan. Contoh website online yang telah besar dan terpercaya adalah Lazada.co.id bhinneka.com, blibli.com, rakuten dan banyak lagi, toko-toko online tersebut juga membangun dirinya dari awal dan kini telah berhasil meraih kepercayaan para pelanggannya.

Maka tunggu apalagi? Mari kita tingkatkan daya saing UKM kita sendiri dengan memanfaatkan teknologi informasi E-Commerce sekarang juga!

  1. author

    ketoles6 years ago

    Bisakah saya inta tips dan trik dari agan untuk sebuah toko online?

    Reply

Leave a reply "Mengembangkan Usaha Kecil Kamu dengan E-commerce"