Mengenal 3 Jenis Mesin Kopi

No comment 1069 views
build_links(); ?>

Ngopi bukan lagi kebiasaan kaum bapak dengan nongkrong di warung. Minum kopi sudah menjadi salah satu gaya hidup modern masyarakat Indonesia. Bukan hanya menikmati secangkir kopi, tetapi untuk sekedar ngobrol dan duduk bersama teman demi menghabiskan waktu. Sekarang, beberapa kedai kopi menjamur di daerah perkotaan. Selain menawarkan kopi hitam sebagai menu utama, beberapa tempat ngopi menyediakan berbagai pilihan menu moccacino, ice coffee blended, coffee latte dan berbagai macam jenis minuman lainnya. Untuk membuat berbagai kreasi kopi, barista menggunakan mesin kopi untuk meracik minuman ini. Tempat yang ditawarkan juga mampu menarik pengunjung untuk singgah, selain rasa makanan dan minuman yang nikmat.

Mesin Kopi Cara membuat kopi bukan dengan cara mencampur gula dan bubuk kopi lalu menambahkan air panas, namun dengan mesin untuk menyajikan kopi yang mempunyai cita rasa tinggi. Biji kopi dimasukkan ke dalam mesin. Biasanya melalui saringan yang sudah disediakan pada alat untuk membuat minuman hitam ini. Ada beberapa alat yang langsung mencampurkan air bersama dengan biji, namun ada juga yang memisahkannya di bagian lain. Anda hanya perlu menekan salah satu tombol, maka alat tersebut akan bekerja dengan sendirinya dan keluar dalam bentuk minuman kopi dan ampas di tempat yang berbeda.

Berbeda dengan cara meracik kopi di warung-warung, minuman hitam yang dijual di outlet lebih modern memanfaatkan mesin kopi untuk membuatnya dengan memanfaatkan energi listrik. Ada 3 jenis mesin pembuat kopi yang tersedia di pasaran, yaitu mesin membuat kopi otomatis, semi otomatis dan manual. Mesin otomatis pembuat kopi ini digunakan banyak ibu rumah tangga di rumah dalam menyediakan minuman untuk suami atau keluarga, karena sistem pengoperasiannya yang mudah. Tinggal menekan beberapa panel yang sudah disediakan, kopi bisa dinikmati.

Kedua, jenis mesin pembuat kopi semi otomatis. Alat ini digunakan hampir semua kafe atau penyedia minuman kopi modern. Memang jika dibanding dengan mesin otomatis, lebih sulit karena harus melakukan beberapa tahapan untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa tinggi. Apalagi jika yang diinginkan adalah kopi dengan campuran susu atau lainnya. Ketiga, merupakan mesin jenis manual. Alat pembuat kopi manual ini memiliki tingkatan kerumitan yang lebih dari pada otomatis dan semi otomatis.

Takaran kopi, suhu air, serta tambahan lainnya harus sesuai dengan aturan dalam membuat kopi yang sudah ditetapkan. Butuh keahlian khusus dan bahkan ada sekolah barista untuk meracik kopi yang letaknya di Italia. Minum kopi kini bukan lagi sebagai penghilang rasa ngantuk, namun sebagai life style yang sudah merambah di kalangan masyarakat luas. Dengan adanya mesin kopi, semakin membuat budaya minum kopi menjadi kebiasaan yang tidak bisa terhindarkan, meskipun beberapa penyakit mengintai jika meminumnya secara berlebihan.

Leave a reply "Mengenal 3 Jenis Mesin Kopi"