Mengenal 4 Golongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

1 comment 418 views
build_links(); ?>
makanan hewan

 

Manusia membutuhkan makanan untuk keberlangsungan hidupnya, begitu pula dengan hewan. Bagi Anda yang memiliki ternak hewan sudah seyogyanya memilihkan makanan hewan yang tepat untuk hewan-hewan yang Anda pelihara. Banyak varian pakan hewan yang bisa dipilih, namun tetap harus disesuaikan dengan jenis hewan yang dipelihara ya.

Selain itu Anda juga harus memilihkan pakan ternak yang kualitasnya bagus. Ya, setiap jenis pakan hewan tentu saja memiliki nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan hewan tersebut. Oleh karena itu ada baiknya Anda memilihkan pakan ternak yang mengandung nutrisi lengkap agar hewan ternak Anda bisa berkembang biak dengan baik.

4 Golongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Apabila Anda memiliki ternak sapi, maka pakan sapi lah yang harus disiapkan. Sama halnya ketika Anda memiliki ternak ikan, maka makanan ikan lah yang harus dibeli. Mungkin Anda masih teringat dengan pelajaran IPA sewaktu duduk di bangku SD dulu, di mana dalam pelajaran tersebut telah disebutkan bahwa terdapat 4 golongan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Apakah Anda masih ingat tentang golongan-golongan hewan tersebut? Apabila sudah lupa, maka tidak ada salahnya Anda menyimak artikel kali ini agar kembali mengenal 4 golongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Berikut adalah uraian lengkapnya.

1. Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Makanan hewan dari golongan ini biasanya adalah hewan lainnya. Jadi, dalam rantai makanan pun hewan karnivora ini berperan sebagai pemangsa atau predator.

Hewan golongan karnivora ini mempunyai ciri khsusus, yakni memiliki gigi taring yang tajam dan kuat. Gigi taring inilah yang digunakan untuk mencabik-cabik mangsanya. Jenis hewan yang masuk kategori karnivora di antaranya; serigala, singa, anjing, macan dan lainnya.

2. Hewan Herbivora

Hewan herbivora merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Hewan golongan herbivora ini memakan bagian-bagian dari tumbuhan. Seperti daun, ranting maupun batang tumbuhan. Apabila hewan golongan karnivora identik dengan gigi taring yang tajam, maka untuk hewan herbivora ini identik dengan gigi gerahamnya.

Gigi geraham inilah yang dimanfaatkan untuk mengunyah makanan. Bukan hanya memiliki ciri khusus dari bagian gigi saja, hewan herbivora juga identik dengan fisiologis sistem pencernaannya. Hewan yang termasuk golongan herbivora di antaranya; sapi, kambing, gajah, rusa, dan lainnya.

3. Hewan Omnivora

Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan hewan selanjutnya adalah omnivora. Hewan dengan golongan ini merupakan hewan pemakan segalanya (tumbuhan dan daging). Ciri khusus dari hewan omnivora adalah adanya gigi seri, gigi geraham hingga gigi taring yang strukturnya lengkap.

Gigi taring berfungsi untuk mengoyak daging, gigi seri untuk memotong makanan, lalu untuk gigi geraham berfungsi untuk mengunyah makanan. Hewan yang termasuk golongan omnivora adalah luwak, tikus, monyet, dan lainnya.

4. Hewan Insektivora

Hewan insektivora merupakan hewan pemakan serangga. Serangga ini bisa berupa telur, kepompong, maupun imago sebagai makanannya. Tidak seperti golongan-golongan yang disebutkan di atas, hewan insektivora ini tidak memiliki ciri khusus. Hewan yang termasuk golongan ini diantaranya; reptil, amfibi, aves, pisces (ikan), dan lainnya.

Demikianlah 4 golongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Jadi setelah ini upayakan untuk memberikan makanan hewan sesuai dengan jenis hewan yang dipelihara ya. Apabila Anda memelihara ikan, maka pilihlah pakan ikan sesuai dengan jenis ikan yang diternak atau dibudidaya.

Untuk membeli makanan ikan ini Anda bisa memanfaatkan marketplace Bukalapak. Di sana Anda bisa menemukan berbagai pilihan pakan ikan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan ikan-ikan yang Anda pelihara.

  1. author

    tikno5 months ago

    Jadi teringat pelajaran biologi di sekolah

    Reply

Leave a reply "Mengenal 4 Golongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya"