Mengenal Ciri Anak yang Lahir dengan Down Syndrome

No comment 957 views
build_links(); ?>
Ciri Anak Down Syndrome

Down Syndrome merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Bahkan dunia medis mengatakan, Down Syndrome termasuk penyakit yang mustahil untuk disembuhkan. Penyakit ini menyerang sistem genetika sejak Janin masih dalam kandungan. Akibatnya, anak yang lahir dengan gangguan genetika ini, akan memiliki kemampuan dibawah rata-rata anak normal. Sebenarnya, ciri anak down syndrome itu bisa diketahui sejak masih dalam kandungan, caranya dengan melakukan deteksi dini melalui pengawasan dokter kandungan. Sedangkan masalah lain yang diakibatkan oleh gangguan genetika tersebut adalah bentuk fisik si anak menjadi tidak sempurna, bahkan saat ia sudah tumbuh menjadi dewasa.

Untuk mengantisipasi hal ini, orang tua harus peka terhadap perkembangan anaknya. Bahkan orang tua sebaiknya mengetahui apa saja yang termasuk ciri-ciri anak down syndrome itu. Sebab, tidak semua down syndrome terjadi pada masa kehamilan (Janin), ada down syndrome yang justru baru terdeteksi setelah anak lahir ke dunia ini.

Maka dari itu, untuk menambah wawasan orang tua, berikut beberapa ciri anak down syndrome yang perlu diketahui.

  1. Pada mata anak down syndrome biasanya berbentuk seperti kacang almond. Atau dalam bahasa medisnya disebut Almond Shaped Eyes.
  2. Memiliki rambut tipis dan jarang serta cenderung berwarna ‘pirang’. Bahkan ada sebagian anak down syndrome yang tidak memiliki rambut sama sekali.
  3. Raut wajahnya terlihat datar. Ini dapat diketahui lebih jelas ketika dilihat dari samping. Wajah anak akan terlihat datar (tak berlekuk). Selain itu bagian hidung hampir tidak menonjol sama sekali, sehingga hidung terlihat rata dengan pelipis matanya.
  4. Anak down syndrome biasanya memiliki kemampuan otot yang lemah. Kemampuan ini mempengaruhi otot bagian wajah hingga ujung kaki. Meskipun ini tidak dapat dilihat dengan jelas, namun akan terasa sekali ketika anak tersebut di gendong. Tubuhnya tidak sekeras anak normal, hal ini disebabkan karena ototnya yang tidak berkembang sempurna, sehingga tubuhnya lebih lemas/lembek.
  5. Sering menjulurkan lidahnya. Hal ini terjadi karena mulut anak down syndrome lebih kecil dibanding dengan lidahnya, sehingga mulut tidak memiliki cukup ruang untuk menampung lidah yang besar/tebal.
  6. Memiliki telinga dengan ukuran yang kecil serta terletak agak rendah dari telinga anak yang normal.
  7. Kondisi leher lebih lebar dari anak pada umumnya. Sehingga lehernya jadi terlihat pendek.
  8. Simbian Crease atau garis telapak tangan. Anak yang mengalami down syndrome biasanya memiliki lipatan simbian, yakni lipatan yang membentuk garis dari pangkal hingga ke ujung telapak tangannya.
  9. Selain itu ciri anak down syndrome lainnya bisa dilihat dari jari-jari tangannya yang pendek serta ada jarak yang cukup lebar antara jari telunjuk dengan ibu jarinya. Kondisi yang lebih jelasnya dapat dilihat pada jempol dan jari telunjuk kaki.

Nah, sekalipun down syndrome itu tidak bisa disembuhkan. Namun jika diberikan perhatian dan dukungan maksimal dari orang tua ataupun orang terdekatnya, maka niscaya anak dengan down syndrome dapat tumbuh dengan bahagia, layaknya seperti pada anak normal lain.

Leave a reply "Mengenal Ciri Anak yang Lahir dengan Down Syndrome"