Mengenal Jenis-Jenis Deterjen Laundry dan Penggunaannya Secara Tepat

Deterjen Laundry

Mencuci merupakan rutinitas yang dilakukan hampir setiap hari. Untuk mendapatkan pakaian yang bersih, bebas noda dan harum diperlukan deterjen yang mampu bekerja aktif untuk mengangkat noda dan mengharumkan pakaian. Tak jarang berbagai macam deterjen pun dicoba untuk mulai dari Merek A hingga Z demi untuk mendapatkan hasil cucian yang sesuai dengan harapan.

Di pasaran ada 2 jenis deterjen laundry yang dijual, yakni deterjen bubuk dan deterjen cair. Meskipun sama-sama deterjen ternyata 2 jenis deterjen ini memiliki peruntukkannya masing-masing. Nah, Ibu tau apa saja yang membedakan 2 jenis deterjen ini, berikut adalah perbedaannya bila dilihat dari penggunaannya.

1. Deterjen Bubuk

Deterjen bubuk merupakan jenis deterjen yang paling banyak dipakai. Sejak dulu hingga sekarang deterjen bubuk tetap menjadi pilihan para Ibu yang sudah merasakan sendiri manfaatnya. Namun, penggunaan deterjen bubuk saat ini sudah dielu-elukan karena memiliki efek samping yang berbeda-beda pada setiap orang, ada yang merasakan panas, hingga muncul bercak-bercak merah karena iritasi yang ditimbulkannya. Untuk itu penggunaannya mulai dialihkan orang hanya sebatas untuk mencuci menggunakan mesin saja. Sebab, mencuci dengan mesin tidak bersentuhan langsung dengan deterjen, sehingga kulit tangan lebih aman dari zat kimia yang terkandung pada deterjen.

2. Deterjen Cair

Kepopuleran deterjen bubuk mulai tergeserkan sejak kehadiran deterjen cair. Deterjen cair merupakan teknologi mutakhir yang mampu menghilangkan noda pada pakaian lebih cepat ketimbang deterjen bubuk. Selain penggunaannya yang mudah dan dapat dicampurkan langsung pada pakaian, deterjen cair lebih ramah terhadap lingkungan. Sebab deterjen cair tidak menimbulkan sisa noda deterjen dan zat kimianya dapat terlarut dengan mudah di alam.

Selain itu bagi Anda yang alergi dengan deterjen bubuk, menggunakan deterjen cair saat mencuci pakaian adalah solusi yang tepat, sehingga Anda tidak perlu lagi mengalami hal-hal yang menyakitkan saat mencuci pakaian. Kelebihan lainnya, pada deterjen cair juga sudah tercampur pewangi serta pelembut. Jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membeli pelembut dan pewangi secara terpisah. Sehingga jadi lebih hemat deh.

Oia, sekedar tips untuk menggunakan deterjen laundry. Sebelum mencuci, pastikan Anda melarutkan terlebih dahulu deterjen pada air bersih. Kemudian aduk terlebih dahulu dengan mesin cuci hingga air dan deterjen benar-benar tercampur sempurna dan berbusa. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya bercak-bercak putih pada kain yang bisa disebabkan karena deterjen.

Leave a reply "Mengenal Jenis-Jenis Deterjen Laundry dan Penggunaannya Secara Tepat"