Mengenal Kredit Dengan Agunan dan Kredit Tanpa Agunan

No comment 177 views
build_links(); ?>
Kredit Tanpa Agunan

 

Kredit Dengan Agunan (KDA) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA), istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Yah, biasanya pelaku usaha yang membutuhkan bantuan modal, menggunakan salah satu dari dua jenis kredit ini untuk mendapatkan dana segar secara cepat dan mudah. Apalagi saat ini, lembaga keuangan seperti perbankan, sedang gencarnya memberikan penawaran kredit, mungkin Anda pernah mendapatkan penawaran kredit ini juga.

Lantas, sudah Anda mengetahui apa itu kredit dengan agunan  dan kredit tanpa agunan? Nah untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut beberapa perbedaan dari kedua jenis kredit tersebut.

1. Kredit Dengan Agunan (KDA)

Anda ingin membeli rumah dengan cara mencicilnya ke bank, Kredit dengan Agunan ini sangat cocok untuk Anda pilih.

Yah, sesuai dengan namanya, kredit dengan agunan (KDA) biasanya memang diperuntukkan bagi yang ingin melakukan Kredit Perumahan (KPR) ataupun untuk modal usaha.

Berbeda dengan KTA, kredit dengan agunan membutuhkan jaminan (aset) dalam proses peminjamannya. Keuntungan kredit dengan agunan ini adalah Anda bisa mendapatkan keringanan angsuran (tenor) dan juga bunga pinjaman yang lebih rendah dibanding dengan kredit tanpa agunan (KTA). Tenor yang diberikan biasanya mencapai maksimal 25 tahun, bahkan yang terbaru ini, ada bank yang memberikan tenor hingga 30 tahun.

Selain itu, bila Anda mengajukan kredit dengan agunan, Anda bisa mendapatkan pinjaman yang jauh lebih besar dari pada KTA. Nominalnya, tentu akan disesuaikan dengan jaminan yang Anda berikan. Semakin tinggi nilai jaminan, maka jumlah pinjaman maksimal yang bisa Anda dapatkan pastinya akan jauh lebih besar. Hanya saja untuk pengajuan pinjaman kredit dengan agunan jauh lebih sulit. Berkas yang perlu Anda persiapkan juga jauh lebih banyak, sehingga terkadang, Anda membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk bisa cair.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Dari namanya saja, Anda mungkin sudah bisa paham apa yang dimaksud dengan kredit tanpa agunan ini. Yah, KTA merupakan sebuah cara mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan (bank) tanpa memerlukan jaminan atau agunan apapun. KTA sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki jaminan ataupun yang ingin melindungi aset Anda, sehingga terbebas dari sita.

Sesuai dengan namanya, kredit ini melalui proses yang cepat. Bahkan tidak sedikit pemberi KTA yang memberikan penawaran “1 jam cair”. Hanya saja, untuk pinjaman jenis ini, Anda tidak bisa mendapatkan nominal yang besar, biasanya maksimal pinjaman yang diberikan adalah 50 juta tergantung dimana Anda mengajukan KTA.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui juga bahwa meskipun prosesnya sangat mudah dan cepat, namun bunga dari pinjaman ini relatif lebih tinggi. Jadi sebaiknya, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil pinjaman KTA, Anda sudah paham betul kemampuan Anda untuk membayar. Dan pastikan Anda telah memiliki dana safety untuk hal-hal darurat, agar pembayaran cicilan Anda tetap berjalan.

Selain itu, terkait dengan tenor (jangka waktu pelunasan), pinjaman jenis ini biasanya tidak memberikan rentang waktu yang lama. 1 atau 2 tahun Anda sudah harus melunasi pinjaman Anda. Namun jika pembayaran cicilan Anda lancar, biasanya Anda akan mendapati penawaran-penawaran yang lebih menguntungkan lagi.

Untuk pengajuan KTA biasanya syarat yang diberikan juga tidak banyak dan merepotkan. Untuk persyaratan pengajuan KTA selengkapnya silahkan Anda hubungi lembaga-lembaga keuangan terpercaya di kota Anda.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sebelum Anda mengajukan KTA, ada beberapa poin terkait biaya-biaya yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, beberapa hal (biaya KTA) yang akan dibebankan pada Anda.

  • Provisi
    Provisi merupakan nama lain dari biaya Administrasi. Biasanya biaya ini akan dibebankan langsung dari plafon saat pencairan dilakukan. Jumlah biaya yang dibebankan juga relatif lebih besar tergantung dimana Anda mengajukan KTA. Namun rata-rata biaya ini berkisar 3% dari total pinjaman Anda. Contohnya, bila Anda mengajukan KTA sebesar 10 juta, maka setelah dipotong biaya administrasi (3%), uang yang Anda terima hanya Rp 9,7 juta.
  • Penalti
    Biaya penalti ini baru akan muncul jika Anda melakukan pelunasan dipercepat atau lebih cepat dari tenor yang disepakati. Misakan, tenor Anda selama 12 bulan, namun Anda ingin melunasinya pada bulan ke-10 cicilan, maka sesuai dengan kesepakatan, Anda akan dibebankan biaya penalti.
  • Keterlambatan Pembayaran
    Anda juga harus hati-hati dengan keterlambatan pembayaran. Biasanya, ketika Anda melakukan pembayaran diatas tenor yang diberikan, maka Anda akan dibebankan denda pembayaran, yang akan menambah besar cicilan Anda.
  • Biaya tahunan
    Meskipun tidak semua KTA menerapkan biaya tahunan pada nasabahnya. Kalaupun ada, biasanya biaya tahunan ini akan muncul pada tahun kedua hingga masa tenor berakhir.
  • Biaya Asuransi
    Selain biaya-biaya diatas, Anda juga akan dikenakan biaya asuransi yang besarnya sesuai dengan kesepakatan awal. Hal ini penting bagi pihak pemberi pinjaman dan peminjam. Mengingat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan yang merenggut korban jiwa, pihak keluarga tidak terbebani oleh pembayaran cicilan. Karena sisa angsuran Anda, akan dilunasi oleh pihak asuransi kepada bank tempat Anda meminjam

Demikianlah beberapa hal terkait kredit dengan agunan dan kredit tanpa agunan (KTA) yang perlu Anda ketahui. Atau jika Anda rasa informasi ini masih kurang jelas, silahkan lihat selengkapnya di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan.

Leave a reply "Mengenal Kredit Dengan Agunan dan Kredit Tanpa Agunan"