Mengenal Lebih dalam Mengenai Lensa Tele Kamera untuk Fotografi Landscape

build_links(); ?>
Lensa Tele Kamera

Dalam dunia fotografi memang ada banyak sekali sarana atau perangkat yang dipakai untuk mengambil gambar sehingga hasilnya jauh lebih baik, tidak hanya membutuhkan sebuah kamera saja, melainkan juga beberapa komponen pendukung, seperti diantaranya adalah tripod dan yang paling penting adalah lensa. Bisa dikatakan lensa ini dalah sebuah mata yang digunakan untuk membidik sebuah objek. Bagus tidaknya hasil jepretan nantinya sangat bergantung akan bagian yang satu ini. Untuk itu jangan sembarangan dalam memilih lensa, untuk objek yang jaraknya dekat lensa standar mungkin cukup. Namun jika jaraknya jauh dan ingin abadikan secara lebih detail dengan hasil bagus, maka banyak diantaranya yang menggunakan lensa tele kamera.

Sebelum belajar mengenai fotografi, maka sangat penting untuk mengenal jenis-jenis sarana yang digunakan terlebih dahulu, termasuk diantaranya selain jenis kamera, maka juga ada jenis-jenis lensa yang dipakai dalam mengabadikan gambar. Berbeda jenis lensa pastinya akan berbeda pula kualitas yang dihasilkan dalam fotografi tersebut, untuk itu memang tidak boleh menyepelekan hal ini. Salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh fotografer pemula memang tidak bisa mengaplikasikan lensa dengan baik untuk jenis gambar yang akan dibidik.

Jika Anda sudah mengerti mengenai lensa standard yang biasanya sering digunakan menjepret sebuah obyek, maka juga harus mengenal lensa tele kamera yang tak jarang digunakan untuk abadikan gambar, berikut ini yang harus diketahui:

  1. Fungsinya adalah untuk membuat objek yang jauh menjadi nampak dekat, pada dasarnya penglihatan yang ada dalam kamera berbeda dengan mata manusia, dimana obyek yang sebenarnya tampak jauh lebih kecil. Sehingga ketika sudah masuk frame akan terlihat kurang jelas, inilah fungsi dari lensa tele yaitu membuat obyeknya nampak terlihat lebih cepat. Seperti melakukan zoom in namun hasilnya jauh lebih jernih. Jadi gambar yang dihasilkan menjadi lebih natural.
  2. Blur bisa diminimalkan dengan cara yang murah, ketika sudah melakukan zoom in maka obyek memang tampak dekat, hanya saja satu masalah yang sering kali dialami hasilnya menjadi blur atau kurang jelas. Lensa yang satu ini bisa meminimalkan blur menggunakan pengaturan yang tepat.
  3. Distorsi gambarnya lebih baik, salah satu alasan yang membuat para fotografer alam khususnya landscape lebih senang memakai jenis lensa tele ini adalah kemampuannya dalam mendistorsi gambar, sehingga obyek yang sangat luas semuanya bisa ditangkap tanpa terkecuali, namun tidak memberikan kesan yang memaksa di dalam frame. Itulah mengapa hasil jepretannya bagus, khususnya untuk mengambil obyek berupa pemandangan.
  4. Terbagi atas 2 jenis, berdasarkan focal lengthnya maka lensa tele terbagi atas 2 jenis, yaitu lensa tele prime dan juga zoom, pembedanya disini adalah seri fixed atau prime ini memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan zoom, sehingga jika melihat dari harganya tergolong lebih mahal. Nilai dari focal length ini berkisar antara 85 hingga 800 mm, berbeda-beda setiap lensa dan inilah yang harus menjadi pertimbangan ketika akan membelinya, karena semakin panjang maka akan semakin mahal, namun juga memberikan kenyamanan lebih dalam mengabadikan gambar.

Penting mengenal beberapa hal mengenai lensa tele kamera tersebut, khususnya bagi yang ingin mendalami fotografi lingkungan atau yang berkaitan dengan pemandangan. Banyak hal yang membuat lensa ini aman sangat dipertimbangkan, karena kualitas gambar bergantung pada bidikan pertama Anda.

Leave a reply "Mengenal Lebih dalam Mengenai Lensa Tele Kamera untuk Fotografi Landscape"