Mengenal Lebih Jauh Tentang Asuransi Pendidikan

83 views

Asuransi Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah semacam tabungan rencana, posisi bank adalah membantu nasabah memastikan selalu menabung dalam jumlah besaran yang sama dengan jangka waktu yang telah disepakati. Sebelum jangka waktu berakhir dana tidak bisa ditarik. Jumlah uang yang didapat akan sama dengan jumlah cicilan yang telah dibayar.

Sementara asuransi pendidikan skema pembiayaannya mirip tabungan pendidikan. Bedanya, premi yang dibayar akan diputar kembali oleh bank sebagai bentuk investasi jangka Panjang. Sehingga ketika jangka waktu yang ditentukan nasabah ingin mencairkan dananya, jumlahnya bisa lebih dari perkiraan atau juga kurang bergantung pada kondisi investasinya.

Banyak yang gamang memilih antara tabungan atau asuransi pendidikan, karena kedua produk ini memberikan manfaat yang sama. Agar mempermudah pertimbangan penting untuk kita memahami dengan jelas penjelasan lengkap mengenai asuransi pendidikan.

Apa itu asuransi pendidikan? Secara harfiah asuransi pendidikan adalah produk asuransi yang memberikan proteksi sekaligus investasi bagi pihak terjamin yang sekaligus menjadi ahli waris pemegang polis. Sementara premi bulanan atau tahunannya dibayarkan oleh pemegang polis. Asuransi pendidikan seringnya sudah mencakup juga asuransi jiwa.

Asuransi pendidikan beda dengan tabungan pendidikan, sebabnya premi yang Anda bayar tiap bulan akan dikelola menjadi bentuk investasi baik untuk reksa dana maupun saham. Karena itulah asuransi jiwa dananya bisa berkembang setelah jangka waktu tertentu. Biasanya baru berkembang di tahun ke-6.

Namun, perlu dipahami juga karena dana asuransi pendidikan ini diinvestasikan pada produk yang beresiko. Maka Anda harus siap jika tiba-tiba dana tidak bisa dicairkan atau bahkan hilang. Ini artinya raport investasi Anda tengah memburuk, sehingga tidak bisa melakukan penarikan.  Untuk itu sebaiknya anda mencari asuransi pendidikan terbaik.

Namun ada sisi lain dari asuransi pendidikan yang menguntungkan bagi nasabahnya, yakni adanya asuransi jiwa di dalamnya. Sehingga ketika pemegang polis tiba-tiba meninggal dan tidak bisa melanjutkan pembayaran, maka ada uang pertanggungan yang bakal didapat ahli waris. Selain uang pertanggungan ahli waris juga akan mendapatkan bagi hasil investasi dari setoran premi yang selama ini dibayar oleh pemegang polis. Maka carilah asuransi pendidikan yang bagus bermutu dan terpercaya.

Comments are closed.