Mengenal Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus

No comment 1484 views
build_links(); ?>

Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus Tidak bisa dipungkiri semakin hari tingkat polusi semakin bertambah terlebih di kota besar. Dengan tingkat polusi yang tinggi, virus penyebab penyakit pun semakin bertambah. Tak heran bila tidak menjaga kesehatan dengan baik akan mudah terserang penyakit yang disebabkan karena virus. Untuk itu anda perlu mengenal penyakit yang disebabkan oleh virus sebagai referensi sekaligus mengantisipasinya

1. Influenza.

Influenza atau sering disebut dengan flu disebabkan oleh sebuah virus yang bernama influenza. Virus ini tergolong cepat berkembang dan mudah menular kepada siapapun melalui udara. Pada dasarnya virus ini menyerang saluran pernapasan yang tak jarang penderita mengalami gejala seperti pusing, meriang, batuk, pilek, hidung mampet, dan terkadang badan terasa pegal-pegal.

2. Cacar air.

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh suatu virus yang disebut varicella-zoster. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya bercak-bercak merah yang berisi air dan tak sedikit dari penderitanya mengalami demam, lemah, letih dan lesu. Cacar air termasuk penyakit yang hanya menyerang manusia sekali dalam hidup, namun tetap disarankan untuk selalu menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit ini.

3. Herpes.

Herpes merupakan penyakit yang menyerang pada kulit yang biasa ditandai dengan timbulnya gelembung-gelembung yang berisi air pada kulit. Pada umumnya herpes ditimbulkan karena virus yang disebut herpes simpleks (HSV-1 dan HSV-2). Virus ini menular melalui kontak langsung kepada penderita karena cairan herpes yang pecah, bersin, batuk, dll.

4. Gondongan.

Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan karena virus paramyxovirus. Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan pada kelenjar parotis/kelenjar ludah. Jenis penyakit ini termasuk menular jadi dianjurkan untuk menjaga kekebalan tubuh dan menghindari kontak langsung kepada penderita.

5. Polio.

Polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus polivirus. Virus ini biasa menyerang balita mulai usia 3 sampai 5 tahun yang jika dibiarkan penderita akan mengalami kelumpuhan. Polio termasuk jenis penyakit menular yang ditularkan melalui kontak langsung antar manusia.
Mengingat bahaya penyakit yang disebabkan oleh virus, ada baiknya anda selalu menerapkan gerakan mencuci tangan sebelum makan, salah satunya menggunakan sabun anti kuman seperti lifebuoy.

Leave a reply "Mengenal Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus"