Mengenal Perbedaan Dua Skema Kredit Multiguna

No comment 119 views
build_links(); ?>
tabungan rencana di bank syariah

 

Jika Anda ingin membuka tabungan atau mengajukan kredit ke pihak bank, maka Anda akan dihadapkan pada pilihan skema pinjaman dari bank syariah atau bank konvensional. Keduanya memiliki prinsip yang berbeda meski memiliki produk perbankan yang nyaris serupa. Salah satu produk yang dimiliki oleh kedua jenis perbankan tersebut adalah sema kredit multiguna. Meski sama-sama kredit multiguna keduanya memiliki perbedaan mencolok yang harus Anda ketahui. Apa saja perbedaannya? Berikut ini beberapa diantaranya :

Bunga vs Bagi Hasil

Penggunaan prinsip yang berbeda antara konvensional dan syariah pada produk kredit multiguna terlihat pada sistem bagi hasil yang digunakannya. Pada kredit multiguna konvensional, digunakan sistem bunga sebagai “biaya” dari pinjaman yang diajukan oleh debitur. Sementara itu, berbeda dengan sistem konvensional, pada sistem kredit multiguna syariah, debitur tidak akan dibebani dengan bunga dalam setiap cicilan yang dibayarkan. Sebagai gantinya, pihak bank syariah menggantinya dengan akad jual beli, sewa menyewa atau bagi hasil untuk mendapatkan keuntungan dari pinjaman yang diberikan. Dengan demikian, para debitur dapat terhindar dari jeratan riba atau bunga yang kerap kali merugikan dan meragukan bagi umat muslim.

Risiko

Perbedaan sistem bagi hasil yang diterapkan membuat risiko dari kedua jenis kredit multiguna tersebut berbeda pula. Pada kredit multiguna konvensional, risiko kredit ditanggung sepenuhnya oleh debitur sehingga dengan kata lain debitur harus tetap membayarkan cicilan beserta bunga yang telah dibebankan meskipun kondisi keuangan atau bisnisnya tidak sesuai harapan. Sementara itu, pada kredit multiguna syariah, apabila debitur tengah mengalami kondisi yang tidak menguntungkan pada bisnisnya, maka pihak debitur hanya perlu membayar pokok cicilannya saja sementara risiko kerugian ikut ditanggung oleh pihak bank.

Variasi produk

Jika membandingkan variasi produk, maka perbankan syariah sangat unggul dibandingkan dengan skema konvensional. Secara keseluruhan, semua produk pembiayaan yang ditawarkan oleh bank konvensional disediakan pula oleh bank syariah meski disesuaikan dengan prinsip syariah seperti tabungan rencana di bank syariah. Di sisi lain, perbankan syariah juga menyediakan berbagai variasi produk khusus seperti pendanaan haji dan umrah yang khusus ditawarkan oleh perbankan syariah.

Leave a reply "Mengenal Perbedaan Dua Skema Kredit Multiguna"