Mengenal Tentang Penyakit Ebola

No comment 1537 views
build_links(); ?>

Mengenal Tentang Penyakit Ebola Saat ini dunia medis tengah diramaikan oleh penyakit Ebola yang merebak di wilayah Afrika Barat. Dalam laporan terbaru WHO, jumlah kasus Ebola sampai bulan November telah menyentuh angka 20.000 dengan angka kematian mencapai 70%. Penyebaran virus tersebut berasal dari kontak langsung secara fisik melalui cairan tubuh (muntah, darah, urin, dll) dengan penderita yang positif terinfeksi Ebola, sehingga sebagian besar kasus baru Ebola ditemukan pada keluarga dan petugas medis yang merawat penderita, bahkan pada petugas yang menguburkan jenazah korban keganasan penyakit Ebola.

Gejala Ebola baru akan muncul delapan sampai sepuluh hari setelah terpapar virus dan sangat mirip dengan flu biasa, seperti demam, sakit kepala, nyeri pada otot, dan nafsu makan menurun. Kemudian akan terjadi pendarahan sehingga penderita Ebola dapat mengalami muntah darah, hingga keluar darah dari mata dan hidung. Akan tetapi, pendarahan bukanlah penyebab utama tingginya angka kematian penyakit ini melainkan pembuluh darah dalam tubuh yang kekurangan cairan sehingga tekanan darah menurun drastis dan menyebabkan kegagalan organ-organ tubuh seperti jantung, ginjal, dan hati.

Belum ditemukan vaksin atau pengobatan pasti terhadap penyakit Ebola. Beberapa kasus penderita Ebola dapat sembuh setelah terinfeksi virus ini meskipun belum diketahui penyebabnya, namun beberapa yang lain akan mengalami kematian karena ketidakmampuan tubuh dalam membangun imunitas melawan virus. Oleh karena itu tindakan yang dilakukan untuk penderita Ebola sampai saat ini adalah menjaga keseimbangan cairan tubuh untuk mencegah penurunan tekanan darah secara drastis serta mempertahankan asupan nutisi untuk membangun antibodi melawan virus tersebut.

Saat ini 3 negara dengan jumlah penderita Ebola terbanyak terdapat di Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan virus ebola dapat menyebar keluar Afrika karena banyaknya jumlah tenaga medis dari negara lain yang dapat membawa virus tersebut saat kembali ke negaranya. Oleh karena itu setiap warga atau tenaga kesehatan yang akan meninggalkan negara endemik virus ebola wajib menjalani karantina minimal 7 hari untuk memastikan ia tidak terjangkit Ebola dan aman untuk bepergian.

Leave a reply "Mengenal Tentang Penyakit Ebola"