Mengenal Virus Corona dan Gejala Awal Bila Terinfeksi

No comment 357 views

Virus Corona

Virus corona (Covid-19) merupakan sebuah virus yang keberadaannya paling ditakuti pada saat ini. Munculnya makhluk berukuran mikroskopik ini mampu mengubah tatanan kehidupan manusia di seluruh dunia, mulai dari kehidupan sosial-nya, ekonomi, hingga hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan manusia, menjadi serba terbatas atau bahkan lumpuh total. Apalagi penyebaran virus ini tergolong sangat cepat, bahkan Indonesia pun menjadi salah satu negara terdampak covid-19 dengan korban meninggal dunia yang tak sedikit jumlahnya.

Sebenarnya, informasi mengenai perkembangan virus corona ini sudah sangat jelas dipaparkan melalui situs Halodoc. Bahkan Anda bisa langsung berkonsultasi pada dokter Halodoc bila mengalami atau menemukan gejala yang mirip dengan covid-19. Caranya sangat mudah,  Anda hanya perlu mengakses situs Halodoc, lalu ke menu Tanya Dokter,  selanjutnya pilih “dokter umum” untuk memulai konsultasi. Jika sudah terhubung, maka Anda tinggal paparkan secara detail mengenai apa yang menjadi keluhan kesehatan Anda. Dari penjelasan yang Anda berikan nanti, maka dokter akan memberikan diagnosa sementara atas sakit yang sedang Anda alami.

Asal Muasal Virus Corona 

Virus corona (Covid-19) pertama sekali terdeteksi di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu. Kota ini sempat menjadi kota mati sampai harus dilakukan lockdown selama beberapa bulan untuk mengurangi jumlah korban yang meninggal akibat virus ini.  Berdasarkan informasi terbaru, ada sekitar 200 negara yang terdampak virus mematikan ini. Namun hingga saat ini virus ini masih menyisakan banyak pertanyaan dari berbagai pihak. Apakah kemunculan virus ini merupakan hasil rekayasa genetika atau memang berasal dari alam.

Akan tetapi, bersumber dari penelitian yang dilakukan oleh Scripps Research, mereka menemukan bukti bahwa virus covid-19 ini bukan berasal dari laboratorium (rekayasa genetika). Virus ini merupakan bentuk evolusi dari SARS-CoV2.

Gejala Virus Corona

Sebagai salah satu negara yang terdampak virus covid-19, sudah selayaknya kita harus waspada terhadap paparan dari virus yang sangat berbahaya ini. Gejala awalnya memang sangat sulit terdeteksi, karena sangat mirip dengan virus influenza. Bila terinfeksi virus covid-19 ini, akan muncul gejala flu, demam, pilek, batuk kering, sakit kepala, hingga sakit tenggorokan. Dan pada tingkat yang parah, penderita covid-19 akan mengalami demam tinggi, batuk berdahak nyeri di dada hingga menimbulkan sesak napas.

Lebih jelasnya berikut adalah gejala yang dirasakan sejak hari pertama hingga hari ke-17.

Gejala Corona

Hari 1- 3

Tiga hari pertama infeksi virus corona, biasanya akan muncul gejala mirip dengan masuk angin, seperti demam, kelelahan, nyeri otot, batuk kering, hingga diare yang disertai dengan mual. Namun pada kondisi ini, makan dan minum masih terbilang normal.

Hari ke 4

Akan timbul rasa sakit pada bagian tenggorokan, namun dalam kondisi yang belum parah. Suara juga akan mulai terasa serak hingga mengalami kondisi mabuk badan. Pada hari keempat ini, suhu tubuh masih normal, antara 36,5 derajat celsius.

Hari ke-5

Pada hari kelima infeksi virus covid-19, penderita akan mengalami kesulitan pernapasan. Hal ini memang tidak terjadi pada semua orang, melainkan bagi mereka yang memiliki riwayat kondisi kesehatan yang memburuk sebelumnya.

Hari ke-6

Pada hari keenam, mulai terjadi demam antara 36,7 – 37,2 derajat, sesekali akan merasakan sulit bernafas, diare, muntah hingga rasa lelah dan mual.

Hari ke-7 dan ke-8

Jika tidak terjadi penurunan suhu badan pada hari ketujuh dan kedelapan, maka penderita wajib dibawa ke rumah sakit. Hal ini mengingat suhu badan yang sudah mencapai angka 37,4 derajat keatas, frekuensi batuk yang semakin sering, nyeri-nyeri di seluruh bagian tubuh, sakit kepala dan diare dengan frekuensi yang lebih sering.

Hari ke-10

Di hari kesepuluh, gejala akan semakin parah, penderita harus di masukkan kedalam ruang ICU, sebab nafsu makan sudah mengalami penurunan dan sakit di bagian abdominal. Pada masa ini, status infeksi sudah masuk pada kategori berat, dengan resiko kematian mencapai 2% lebih. Sepanjang hari ke-10 hingga hari ke-16, penderita akan mendapatkan perawatan yang intensif dari petugas medis.

Hari ke-17

Secara umum, pada hari ke-17 akan mulai tampak tanda-tanda kesembuhan, setelah mendapatkan perawatan yang intensif. Peluang untuk dapat sehat kembali sangat besar, karena antibodi covid-19 pada tubuh sudah terbentuk. Namun penderita masuh belum boleh kembali ke rumah. Butuh waktu beberapa hari lagi untuk dilakukan test, hingga penderita benar-benar dinyatakan negatif corona.

Leave a reply "Mengenal Virus Corona dan Gejala Awal Bila Terinfeksi"