Menghilangkan Goresan Pada Furnitur Kayu

No comment 3859 views
build_links(); ?>

Perabotan rumah tangga dengan bahan kayu memang menjadi pilihan banyak orang. Selain mempercantik interior rumah, perabotan dari kayu juga memiliki bentuk yang unik dan ukiran-ukiran yang menarik dilihat. Sayangnya furniture yang terbuat dari kayu memiliki kelemahan yaitu mudah tergores bahkan oleh benda tumpul sekalipun. Sedikit goresan pada permukaan kayu dapat mengganggu tampilan perabot rumah tangga anda secara keseluruhan. Berikut beberapa cara menghilangkan goresan pada furnitur kayu yang dapat anda lakukan .

Menghilangkan Goresan Pada Furnitur Kayu Pastikan jenis kayu yang menjadi bahan dasar furnitur rumah tangga anda. Berbeda jenis kayu maka berbeda juga perawatan yang dapat anda lakukan untuk membersihkan permukaannya.

Pada perabot kayu jati, cara menghilangkan goresannya dengan hindari penggunaan minyak untuk menghilangkan bekas goresan ataupun berusaha membuat warna terliht lebih mengkilap. Sebab penggunaan minyak pada kayu jati justru mempercepat timbulnya jamur di permukaan kayu. Jenis kayu jati mempunyai mekanisme sendiri dalam menghadapi perubahan waktu. Pada awalnya, warna mengkilap kayu jati berasal dari minyak alami di dalam kayu tersebut yang perlahan-lahan memang akan menghilang seiring berjalannya waktu dan digantikan dengan lapisan dibawahnya.

Pada perabot kayu non kayu jati, anda bisa menggunakan larutan campuran antara minyak zaitun dengan cuka untuk menghilangkan bekas goresan. Cara menghilangkannya dengan larutan yang dioleskan pada permukaan kayu yang tergores lalu diamkan sebentar, kemudian gosok perlahan menggunakan kain dengan permukaan lembut. Sebaiknya gunakan teknik gosokan berbentuk melingkar sampai goresan menjadi samar. Ulangi cara tersebut selama beberapa kali sampai goresan benar-benar hilang dari permukaan kayu.

Bubuk kopi. Kopi yang telah anda minum akan meninggalkan sisa endapan di dasar cangkir yang anda gunakan. Manfaatkan bubuk kopi tersebut untuk menghilangkan goresan pada permukaan perabotan kayu kesayangan anda. Caranya, bubuhkan bubuk kopi tersebut di sepanjang goresan di permukaan kayu. Diamkan sampai kurang lebih 10 menit lalu lap dengan kain lembut. Ulangi langkah tersebut sampai goresan benar-benar hilang.

Kantong the juga berguna dalam cara perawatan dan menghilangkan goresan di kayu. Letakkan kantong teh kering ke dalam cangkir kemudian tuangkan sedikit air hangat dan diamkan. Semakin lama didiamkan, semakin gelap warna airnya. Sesuaikan dengan warna permukaan perabot kayu anda, kemudian oleskan cairan teh tersebut menggunakan cottonbud pada permukaan yang tergores. Diamkan, lalu bilas dengan kain lembut.

Leave a reply "Menghilangkan Goresan Pada Furnitur Kayu"