Meningkatkan Mutu Air dan Rumah Sehat

No comment 1915 views
build_links(); ?>

Meningkatkan Mutu Air dan Rumah Sehat Air yang bersih merupakan syarat utama untuk memiliki rumah sehat. Jika kita tinggal di lingkungan yang kondisi airnya tercemar, maka kita akan kesulitan untuk menjaga kesehatan tubuh karena setiap manusia membutuhkan air. Keadaan lingkungan yang semakin buruk karena adanya pencemaran juga sangat berkontribusi terhadap menurunnya mutu air akhir-akhir ini. Limbah rumah tangga yang sering diabaikan ternyata jika diakumulasikan bisa memberikan dampak yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Rumah yang sehat harus dibangun di lingkungan yang jauh dari tempat pembuangan limbah karena bukan tidak mungkin jika limbah ini akan terserap ke dalam tanah dan bercampur dengan sumber air yang sering kita gunakan sehari-hari. Berikut ini adalah ciri air yang sudah tercemar:

  • Berwarna merah, kuning, atau kecoklatan,
  • Keruh,
  • Memiliki rasa,
  • Berbau,
  • Tampak seperti air sabun.

Kita sebagai pengguna air untuk kebutuhan rumah tangga juga harus berperan serta dalam meminimalisasi pencemaran dengan menggunakan sabun cuci sekali bilas yang lebih hemat air. Selain itu usahakan untuk melakukan penghematan air. Komunitas IBU BERCAHAYA mengajak anda para ibu yang peduli terhadap kondisi air untuk menjaga lingkungan bersama-sama dalam berbagai program seperti pembuatan sumur resapan yang mampu menampung air di musim hujan sekaligus sebagai cadangan di musim kemarau. Lingkungan dan rumah sehat merupakan tanggungjawab kita bersama.

Leave a reply "Meningkatkan Mutu Air dan Rumah Sehat"