Menu Sarapan Sehat dan Lezat yang Disukai Anak-anak

No comment 293 views
Menu Sarapan

 

Membiasakan diri untuk sarapan sebelum berangkat sekolah memang sangat dianjurkan. Sarapan yang sehat dan bergizi akan membantu si kecil untuk dapat memulai aktifitasnya dengan penuh semangat dan bertenaga. Tak hanya itu saja, sarapan juga bermanfaat untuk mencegah si kecil mengkonsumsi terlalu banyak makan di jam-jam berikutnya, dengan begitu pola makannya bisa menjadi lebih teratur. Nah, Ibu bingun ingin memberikan sarapan apa untuk si kecil sebelum ia berangkat sekolah? Berikut ini adalah menu sarapan sehat dan lezat yang bisa disajikan.

  1. Sereal dan susu

Sereal merupakan salah satu menu sarapan terbaik yang boleh Ibu sajikan setiap hari. Serial mengandung sedikit gula dan juga karbohidrat. Mengkonsumsi sereal saat pagi hari akan membuat si kecil lebih bersemangat. Apalagi jika ditambahkan dengan susu yang mengandung sedikit lemak, akan membuat gizi pada menu sarapannya menjadi lebih sehat.

  1. Pancake oatmeal

Pancake juga menjadi pilihan yang tepat dalam menyajikan menu sarapan pagi untuk si kecil. Ibu dalam mengkreasikan pancake dengan bahan oatmeal sebagai pengganti terigu. Oatmeal jelas lebih sehat dan tinggi nilai gizinya, sehingga dapat membuat si kecil lebih sehat namun tetap kenyang. Sebagi topping-nya, Ibu bisa menambahkan madu atau sari kurma sebagai pemanis yang sehat pengganti gula. Bila perlu, tambahkan potongan buah-buah dengan rasa yang sedikit asam untuk mengimbangi rasa manis dari topping.

  1. Smoothies pisang 

Pisang mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan lemak pada pisang juga sangat rendah dan mudah di proses menjadi tenaga. Pisang dapat disajikan dalam bentuk smoothies, atau di jus. Cara membuatnya juga terbilang mudah. Cukup siapkan 1-2 buah pisang, kemudian campurkan yogurt , lalu blender halus hingga timbul busa. Untuk menambah cita rasa, bisa juga ditambahkan dengan buah-buahan segar seperti strawberry, mangga dan sebagainya.

  1. Roti gandum 

Jika ingin memberikan roti-rotian untuk sarapan si kecil, sebaiknya pilih roti dari bahan gandum. Gandum merupakan bahan makanan yang sangat baik diberikan sebagai pengganti nasi. Selain kalorinya yang rendah, nutrisi pada roti gandum tidak kalah lengkap dengan roti pada umumnya. Roti gandum dapat disajikan dipanggang kemudian diberikan topping seperti selai kacang, telur, alpukat, keju dan lainnya.

  1. Keju dan buah-buahan

Jika si kecil sulit untuk makan roti-rotian atau sejenis, coba sajikan buah-buahan yang segar dengan campuran keju di dalamnya. Menu ini sangat praktis, Ibu hanya perlu mempersiapkan beberapa jenis buah-buahan kesukaannya, dan juga keju cheddar yang gurih, kemudian di potong dadu lalu sajikan untuk si kecil. Untuk asupan proteinnya, Ibu bisa memberikan kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari ataupun kacang polong yang telah di rebus.

Leave a reply "Menu Sarapan Sehat dan Lezat yang Disukai Anak-anak"