Merawat Koleksi Action Figure Ternyata Tak Sesulit yang Kita Duga

Action Figure

Action figure bukan sekadar mainan anak kecil.

Lebih dari itu, action figure merupakan jenis benda koleksi yang menarik dan punya nilai ekonomis tinggi. Kita tak butuh ruangan berkapasitas besar bila ingin mulai mengoleksi action figure berukuran mungil. Orisinalitas dan kelangkaan menjadi hal penting yang mempengaruhi fluktuasi harga action figure. Bisa saja action figure yang kita miliki akan mengalami peningkata harga signifikan di tahun-tahun mendatang.

Agar koleksi action figure kita punya nilai ekonomis tinggi, kita tentu harus merawatnya dengan cara yang benar. Ternyata merawat koleksi action figure tidak sulit lo. Kita hanya perlu melakukan beberapa hal ini:

Pisahkan Action Figure untuk Dua Tujuan

Walaupun kini banyak yang jual action figure asli, bukan berarti kita bisa mendapatkan semua jenisnya dengan mudah. Ada berbagai jenis action figure yang diproduksi dalam jumlah terbatas dengan harga selangit. Jadi, sebaiknya kita memisahkan koleksi action figure untuk dua tujuan, yaitu pajangan dan mainan. Kita bebas menggerak-gerakkan sendi action figure mainan secara leluasa. Sementara untuk koleksi yang lebih mahal dan berharga, sebaiknya cukup dijadikan pajangan saja.

Jangan Mengeluarkannya dari Kemasan

Kalau kita tak memiliki lemari pajangan khusus action figure, sebaiknya kita tak mengeluarkan action figure tersebut dari kemasannya. Biasanya action figure dikemas secara apik dengan mika plastik transparan. Tanpa harus dikeluarkan dari kemasan, kita tetap bisa menikmati keindahan koleksi action figure yang kita miliki. Action figure yang masih berada dalam kemasan segel pasti memiliki harga jual yang relatif tinggi.

Sinar Matahari Adalah Musuh Action Figure

Koleksi action figure bisa mengalami perubahan tekstur atau warna memudar bila sering terkena paparan sinar matahari langsung. Oleh sebab itu, kita wajib meletakkan action figure di tempat yang sejuk dan kering. Hindarkan pula paparan sinar matahari yang masuk melalu kaca jendela atau sela-sela ventilasi ruangan.

Cara Efektif Membersihkan Debu

Debu yang menempel pada action figure tentu tak sulit dibersihkan. Kita hanya perlu menggunakan kuas atau vacuum cleaner mini untuk menjangkau setiap lekukan action figure. Jika ada noda membandel pada action figure, gunakan kapas dan sedikit alkohol untuk membersihkan noda tersebut. Cara sederhana ini akan membuat action figure selalu bebas debu dan warnanya pun tak lekas memudar.

Menjauhkan Action Figure dari Jangkauan Anak-Anak

Anak-anak biasanya paling suka melihat koleksi action figure dalam jumlah banyak. Padahal, jangkauan tangan anak-anak berisiko merusak action figure. Terutama bila anak-anak memegangnya dengan tangan kotor. Jadi, kita wajib menyiapkan lemari pajangan tertutup atau ruangan khusus untuk koleksi action figure kesayangan kita.

Punya koleksi action figure kesayangan di rumah?

Mari merawatnya secara cermat dan hati-hati. Agar koleksi action figure kesayangan senantiasa awet dan tampak seperti baru. Menjalani hobi yang satu ini bisa menambah pundi-pundi rupiah yang kita di masa mendatang.

Leave a reply "Merawat Koleksi Action Figure Ternyata Tak Sesulit yang Kita Duga"