[Motivasi] Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

16 comments 7017 views

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat – Apa yang pertama sekali terfikirkan oleh kita bila kita mendengar istilah disabilitas? Tepat sekali, mereka adalah orang yang terlahir dengan bermacam kekurangan (tidak seperti kebanyakan orang). Lihat saja disekitar kita, tidak jarang kita akan temukan orang-orang seperti itu, entah mungkin mereka itu adalah seseorang yang kita kenal atau bahkan orang yang paling dekat kita (keluarga).

Sebagai contoh saja, di lingkungan tempat tinggal saya sendiri ada beberapa orang penyandang disabilitas dan salah satu diantaranya adalah salah seorang keluarga dari teman saya yang bernasib sama seperti itu. Mereka terlahir tidak seperti kebanyakan kita, melainkan dengan segala macam keterbatasan baik itu fisik maupun mental. Dan sungguh ironisnya lagi, banyak diantara mereka ini yang mendapatkan perlakuan berbeda (diskriminasi) hingga akhirnya disisihkan dari lingkungan terdekat mereka sendiri. Inilah salah satu bentuk perlakuan yang sering dialami oleh penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat yang kurang menghargai sesama mereka.

Padahal sebagai bangsa yang beragama dan berjiwa sosial tidak sepatutnya kita meng-anak tirikan mereka-mereka ini. Bukankah kita ini satu! Kita juga mempunyai cipta, rasa dan karsa yang sama, hanya saja nasib yang membedakan kita dengan mereka. Tapi saya yakin itu bukanlah alasan untuk kita memandang sinis mereka yang disabilitas. Mereka juga memiliki kesempatan (peluang) yang sama seperti kita. Mereka ingin di hargai seperti kita yang lebih beruntung dari pada mereka. Namun kenyataan yang terjadi sekarang ini justru malah terbalik, penyandang disabilitas malah banyak tersebar di jalan-jalan, dipanti-panti bahkan yang menyedihkan lagi bayi-bayi yang menyandang disabilitas dibuang karena orang tuanya malu memiliki keturunan yang disabil (Nauzubillah min Zalik) dan hanya sedikit dari mereka yang menerima perlakuan adil dan meraih kesuksesan seperti kita.

Hari Internasional Penyandang Disabilitas
Sekedar mengingatkan kepada kita semua, dalam rangka untuk Memperingati Hari Internasional Penyandang Disabilitas yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2011, disini saya mencoba untuk membuka mata kita semua terhadap penyandang disabilitas dan pandangan masyarakat yang salah akan keberadaan mereka ini. Sehingga kita semua dapat memberikan kesempatan yang sama kepada mereka ini untuk meraih apa yang mereka impikan. Karena saya sendiri yakin “Allah tidak akan menciptakan suatu makhlukpun, kecuali makhluk tersebut memberikan manfaat untuk makluk lain (di sekitar-nya)”

Jadi untuk poin selanjutnya saya akan mencoba untuk memberikan pandangan lain terhadap penyandang disabilitas ini dengan berbagai kelebihan yang mereka punya, sehingga memperkecil ruang antara kita dan mereka dan menempatkan mereka pada posisi yang sama.

Kisah Sukses Salah Seorang Penyandang Disabilitas dan Pandangan Masyarakat Terhadap Keterbatasan Beliau

* Habibie Afsyah – Seorang Penyandang Disabilitas yang Sukses dari Internet Marketing dan Bisnis Online

“Kekuranganku adalah Kelebihanku” – Siapa yang tidak kenal pemuda yang bernama Habibie Afsyah ini. Dia mulai dikenal sejak kemunculannya di salah satu program televi yang menampilkan dirinya sebagai bintang tamu diacara tersebut.

Habibie Afsyah Habibie Afsyah adalah satu contoh penyandang disabilitas yang merupakan sahabat saya yang saya kenal melalui facebok, dimana Habibie ini menderita penyakit Muscular Dystrophy Progressive tipe Backer, yaitu adanya kelainan di otak kecil yang menyebabkan perkembangan syaraf motoriknya terganggu, sehingga pertumbuhannya terhambat dan mengalami kelainan.

Nah, disini saya tidak akan membahas tentang Habibie lebih jauh karena anda sendiri bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat melalui situs pribadi dan semi bisnisnya di http://www.habibieafsyah.com/ melainkan disini saya hanya akan bercerita sedikit tentang kesuksesan yang diraihnya melalui internet marketing dan bisnis online yang mampu mengangkat dirinya dari klaim masyarakat terhadap penyandang disabilitas seperti beliau.

Habibie Afsyah merupakan contoh penyandang disabilitas yang kini sukses dalam kariernya. Ia sekarang berprofesi sebagai internet marketer, affiliate dan pebisnis online. Saya sendiri mengenal Habibie sebagai pakarnya Affiliasi Amazon.com sebagai penjual produk-produk amazon. Dari informasi yang beredar penghasilan Habibie hanya dari Affiliasi Amazon saja mencapai $3000 USD itupun kalau dirata-ratakan perbulan, perediksi saya sendiri pastinya penghasilan beliau jauh lebih besar dari itu. Dan itupun belum termasuk dari program-program bisnis yang lain. Woww..sungguh pencapaian yang luar biasa.

Dari kisah Habibie Afsyah ini bisa kita ambil suatu pelajaran yang berharga bahwa, seorang penyandang disabilitas sekalipun mampu untuk meraih sukses dan mampu menepis semua pandangan masyarakat yang eksklusif. Tentunya ini tidak terlepas dari dukungan oleh orang-orang disekitarnya yang memberikan motivasi dan kesempatan yang sama kepadanya. Karena baginya keterbatasan bukanlah suatu penghalang untuk mereka yang ingin maju dan merubah sesuatu hal yang tidak mungkin MENJADI MUNGKIN.

Nah, itulah salah satu contoh penyandang disabilitas yang sukses meraih mimpinya, semoga ini bisa memotivasi kita semua untuk tidak lagi memandang sinis para penyandang disabilitas seperti ini. Untuk contoh lainnya silahkan anda cari sendiri.

Peran Kartunet.com Sebagai Media Sosialasi Terhadap isu-isu Disabilitas dan Pandangan Masyarakat untuk Menciptakan Masyarakat yang Inklusif

Sekarang ini mungkin kita sering mendengar tentang pemberdayaan masyarakat disabilitas dengan program-program pelatihan berbagai keterampilan. Baik yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah, swasta, maupun kelompok-kelompok sosial. Nah, semua itu dimaksudkan untuk memberikan keterampilan kepada penyandang disabilitas agar mereka dapat dibekali keterampilan sehingga mereka dapat masuk ke dunia kerja sesuai keahlian mereka.

Program-program seperti inilah yang seharusnya mulai digalakkan oleh pemerintah agar orang-orang seperti mereka ini mendapatkan kesempatan yang sama seperti orang-orang pada umumnya. Tidak lagi membedakan-bedakan seseorang karena keterbatasan fisik yang dia punya, namun lebih mengutamakan kepada keterampilan apa yang ia kuasai.

Kartunet.com, mungkin situs ini terdengar asing ditelinga anda, yah tentu saja situs ini merupakan situs yang berperan penting sebagai media sosialisasi terhadap isu-isu disabilitas dan pandangan masyarakat terhadap penyandang disabilitas di tanah air. KARTUNET sendiri adalah istilah dari Karya Tunanetra Community yang dibuat dan dikelola oleh sekelompok penyandang disabilitas yang menjadi media untuk mempublikasikan semua karya cipta/ kreasi para penyandang disabilitas dalam bentuk karya sastra, berita-berita, artikel mengenai teknologi, dan sebagainya yang berkaitan dengan isu-isu disabilitas.

Kartunet - Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Bagi saya ini adalah suatu hal yang luar biasa karena, dengan berdirinya Kartunet akan mampu menjadi wadah kreatifitas penyandang disabilitas di tanah air dan akan menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka ini juga bisa melakukan suatu hal yang sama seperti orang normal lainnya.

Dengan keberadaan Kartunet ini diharapkan akan memicu suatu masyarakat yang terbuka (Inklusif) bagi para penyandang disabilitas dan begitu juga sebaliknya. Sehingga tidak ada lagi batasan-batasan antara kita yang normal dengan mereka yang kekurangan untuk mendapatkan perlakuan yang sama. Semoga kelompok-kelompok sosial seperti ini akan terus tumbuh dan berkembang sehingga melahirkan kelompok-kelompok baru dengan visi dan misi yang sama. Untuk informasi selengkapnya silahkan anda kunjungi situsnya di Kartunet.com.

Demikian tulisan ini, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan bisa membuka pandangan kita akan keberadaan mereka sehingga tidak lagi sebagai suatu momok yang harus dihindari melainkan untuk dipublikasi agar mereka mendapatkan tempat yang sama seperti kita. Jangan lupa sampaikan pesan Disabilitas dan Pandangan Masyarakat kepada teman, saudara atau orang disekitar anda agar mereka termotivasi untuk mencapai mimpi di tengah keterbatasan.

  1. author

    rahmat4 years ago

    motivasi artikel ini sangat bagus dan yg menjadi sumber inspirasi adalah Habibie

    Reply
  2. author

    ilhamsk6 years ago

    selamat gan, masuk urutan 50 teratas kontes kartunet.
    good luck yah! 🙂

    Reply
  3. author

    zulfan6 years ago

    motivasi yang menarik sekali
    semoga kita bisa menghargai penyandang disabilitas karena mereka juga bagian dari kita
    salam kenal bang

    Reply
  4. author

    aini6 years ago

    tinggal nunggu pengumuman, semoga menang mas! :-/

    Reply
  5. author

    hafizah6 years ago

    keren bgt artikelnya, kyknya dari semua peserta kontes..neh paling komplit deh!
    semangat mas..semoga jadi pemenang.

    Reply
1 2

Leave a reply "[Motivasi] Disabilitas dan Pandangan Masyarakat"