Mudah dikenali! Gejala Ringan Demam Berdarah

No comment 246 views

Demam berdarah dengue

Demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk pembawa virus dengue. Diperkirakan sekitar 390 juta infeksi dengue yang terjadi setiap tahun di seluruh dunia, dimana sekitar 96 juta di antaranya menyebabkan demam berdarah dengue (DBD).

Sebagian besar kasus DBD terjadi di wilayah-wilayah tropis, dengan risiko yang paling besar ada di wilayah benua India, Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Cina Selatan, Taiwan, Kepulauan Pasifik, Karibia (kecuali Kuba dan Kepulauan Cayman), Meksiko, Afrika, juga Amerika Tengah dan Selatan (kecuali Cile, Paraguay, dan Argentina).

Demam berdarah ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes yang telah terinfeksi virus dengue. Nyamuk bisa menjadi terinfeksi jika mereka terlebih dulu menggigit orang yang memiliki virus dengue di aliran darahnya. Karena itu penularan demam berdarah harus ditangani. Terdapat hampir 1 persen kematian akibat dbd ini.

Ada beberapa ciri dan karakteristik khusus dari nyamuk penyebar dbd, diantaranya warna hitam dengan bercak putih pada badan dan kaki. Hidup dan berkembang biak dalam rumah dan sekitarnya. Misalnya di bak mandi, tempayan,durm ban bekas, pot tanaman air atau tempat minum burung. Hinggap pada pakaina yang bergantung, kelambu dan ditempat yang gelap serta lembab, mengigit siang hari dan kemampuan terbang yang 100 meter.

Selain nyamuk sebagai perantara terdapat pula beberapa faktor eksternal yang berperan dalam penyebaran demam berdarah. Faktor suhu udara, kelembapan udara dan curah hujan. Peningakatan curah hujan inilah terutama saat peralihan sari musim kemarau ke musim penghujan dilaporkan berpengaruh terhadap peningkatan kasus penyakit dbd.

Perjalanan penyakit demam berdarah terdiri dari tiga fase yaitu fase demam,fase kritis, serta fase penyembuhan. Fase demam terjadi pada 1-2 hari pertama sakit, dimana terjadi peningkatan demam yang tinggi. Fase kritis berlangsung menjelang akhir fase demm antara hari 3-7 hari. Fase ini terjadi puncak kebocoran plasma sehingga pasien dapat mengalami syok hipovolemik.

Kewaspadaan dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya syok yaitu dengan mengenal tanda dan gejala yang mendahului syok atau warning signs. Fase kritis juga sering penurunan jumlah trombosit yang cepat dan progresif. Penurunan tersebut dapat mencapai dibawah 100.000 sel/mm3 serta kenaikan hematokrit diatas angka normal. Kenaikan hematokrit ini akan didahului oleh leukopenia yaitu sel darah putih yang rendah.

melalui perantara nyamuk, tidak bisa langsung dari orang ke orang.Lalu Seperti Apa Gejala-Gejala DBD? Infeksi virus dengue menimbulkan gejala DBD yang menyerupai flu dan berlangsung selama 2 sampai 7 hari. Demam berdarah biasanya terjadi setelah periode inkubasi.

Demam berdarah biasanya terjadi setelah periode inkubasi (periode dari masuknya penyebab penyakit sampai ke saat timbulnya penyakit itu) antara 4 hingga 10 hari sesudah digigit nyamuk yang telah terinfeksi. Mudah dikenali inilah 7 gejala demam berdarah yang paling sering muncul Demam tinggi sampai 40 derajat C / 104 derajat F, Sakit kepala, Rasa nyeri di belakang mata, Mual dan muntah, Pembengkakan kelenjar, Nyeri sendi, tulang, atau otot, Ruam (bintik-bintik merah pada kulit)

Muncul tergolong ringan sehingga keliru dikira sebagai gejala flu atau penyakit biasa lain. Biasanya anak-anak dan orang yang belum pernah terkena infeksi virus sebelumnya akan mengalami keluhan yang lebih ringan. Maka dari itu pentingnya mengetahui gejala gejala demam berdarah dari gejala ringan hinggat gejala yang berat.

Leave a reply "Mudah dikenali! Gejala Ringan Demam Berdarah"