Nutrisi Penting dalam Susu Ibu Hamil yang Harus Anda Perhatikan.

Susu merupakan sumber makanan penting yang umum dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Dalam tiap satu sajian susu mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih bagi ibu hamil. Saat hamil, tubuh akan kehilangan banyak mineral karena tubuh membagi mineral yang berasal dari tubuh Ibu, kepada janin yang dikandungnya untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah, apabila vitamin dan mineral ini tidak tercukupi selama masa kehamilan. Maka dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif pada tubuh si Ibu, seperti timbulnya pegal-pegal, mudah lelah, hingga dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka penting sekali memberikan asupan tambahan lewat susu yang dikhususkan untuk ibu hamil.

Susu Ibu Hamil Bagus

Perlu diketahui bahwa susu ibu hamil bagus diminum kapan saja, namun waktu yang paling tepat meminum susu adalah saat memasuki masa kehamilan trimester pertama. Itupun jika kehamilan tidak sertai dengan rasa mual dan muntah. Biasanya, di trimester pertama, mual dan muntah kerap menghantui ibu-ibu. Sehingga akan lebih sulit untuk menerima makanan termasuk susu. Jika kondisinya seperti itu, maka susu sebaiknya diminum minimal 1-2 jam setelah makan untuk menekan rasa mual.

Daftar nutrisi yang harus ada dalam susu Ibu hamil

Agar Ibu dan janin sehat selama masa kehamilan, sedikitnya ada 4 nutrisi yang wajib tersedia dalam susu ibu hamil, diantaranya yakni;

  1. Protein

Salah satu mineral penting yang ada pada susu ibu hamil adalah protein. Protein diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin. Selain itu protein juga membantu pembentukan sel-sel otak sehingga otak dapat berkembang sempurna. Pada Ibu hamil, protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan jaringan pada payudara dan rahim. Protein juga dapat meningkatkan suplai darah sehingga dapat meminimalisir timbulnya sesak di masa kehamilan.

  1. Asam folat

Selain protein, asam folat juga merupakan nutrisi wajib yang ada pada susu ibu hamil. Walaupun jumlahnya tidak begitu banyak, namun dapat di dukung dengan meminum asupan vitamin (asam folat) sesuai dengan petunjuk dokter. Asam folat perfungsi untuk pembentukan sel-sel tubuh dan menguatkan janin. Janin yang kekurangan asam folat dapat beresiko lahir cacat. Maka dari itu sebaiknya pilih susu ibu hamil yang mengandung asam folat yang tinggi.

  1. Kalsium

Pada dasarnya susu sudah mengandung kalsium yang cukup tinggi. Namun pada susu ibu hamil, kalsium lebih diperkaya lagi sehingga kandungan nutrisinya lebih tinggi.

Kalsium pada susu ibu hamil bermanfaat untuk pembentukan gigi dan memperkuat tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga memiliki peran penting dalam menjaga kerja jantung, saraf, otot dan hormon pada janin. Tak hanya diperlukan oleh janin, kalsium juga diperlukan Ibu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan selama hamil, seperti pegal dan kesemutan.

  1. Lemak

Lemak atau asam lemak merupakan nurtrisi yang sangat dibutuhkan di masa kehamilan. Asam lemak yang terdiri dari omega-3 dan omega-6 berperan penting dalam pertumbuhan otak, saraf dan mata janin. Selain itu asam lemak ini juga berfungsi untuk mengatur pertumbuhan plasenta (ari-ari). Asam lemak yang tercukupi dengan baik juga dapat menurunkan resiko terjadinya kelahiran prematur. Selain itu, asam lemak juga diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan, alpukat, dan juga ikan salmon.

Leave a reply "Nutrisi Penting dalam Susu Ibu Hamil yang Harus Anda Perhatikan."