Pentingnya Konsultasi Untuk Memantau Perkembangan Anak

No comment 776 views
build_links(); ?>

Setiap orang tua pasti menginginkan sesuatu yang baik terjadi pada anaknya. Termasuk untuk urusan tumbuh kembang yang seimbang, hal tersebut penting karena merupakan sebuah tanda bahwa si anak telah mendapatkan perhatian dan perawatan yang baik dari orang tuanya. Namun terkadang tidak semua kontrol bisa kita lakukan secara sendiri. Dibutuhkan kerjasama dari kedua orang tua atau anggota keluarga lainnya, untuk bisa memberikan perawatan terbaik bagi anak-anak kita. Akan tetapi untuk hal-hal yang sulit kita lakukan sendiri, ada kalanya kita juga membutuhkan layanan konsultasi anak yang telah berpengalaman, sehingga kita dapat mengetahui secara pasti, apa-apa saja yang dibutuhkan untuk perkembangan si buah hati.

Konsultasi Anak
Bicara tentang konsultasi anak, mungkin sebagian dari kita masih ada yang bertanya-tanya tentang seberapa pentingkah sebenarnya menggunakan layanan konsultasi anak itu?

Tak dapat dipungkiri bahwa konsultasi semacam ini memang kurang diminati di masyarakat kita. Selain pandangan masyarakat yang menganggap bahwa layanan semacam ini kurang begitu penting, hal-hal lain seperti yang menyangkut biaya-biaya kerap menjadi pertimbangan mengapa orang enggan menggunakan layanan tersebut. Padahal layanan konsultasi ini sangat penting untuk mengetahui perkembangan anak kita, khususnya yang masih Balita. Pada usia 1-5 tahun, anak membutuhkan perlakuan yang tepat termasuk dalam hal pemenuhan asupan gizinya. Dengan melakukan konsultasi pada dokter anak, orang tua dapat mengetahui apakah anaknya cukup gizi atau justru kekurangan gizi. Dengan begitu, dokter dapat mengambil langkah-langkah yang tepat sesuai dengan kondisi si anak saat itu.

Untuk hal lain yang menyangkut kesehatan anak juga tidak kalah penting untuk dikonsultasikan pada dokter. Misalnya ketika anak sedang sakit dan sakit tersebut terjadi secara berulang-ulang dalam rentang waktu tertentu, tentu hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi orang tua. Sebab jika penyakit yang sama terjadi secara berulang-ulang, dikhawatirkan anak mengalami sakit yang cukup serius dan harus diwaspadai. Maka dari itu, perlu dilakukan konsultasi kesehatan anak untuk segera dilakukan pengecekan fisik, sehingga tahu jenis penyakit yang menyerang dan pengobatan yang diperlukan.

Begitu juga dengan anak yang sudah memasuki usia sekolah. Meskipun si anak terkadang terlihat sehat dan aktif, namun secara psikis belum tentu normal. Tekanan belajar saat disekolah bisa saja mempengaruhi psikis anak. Tugas sekolah yang menumpuk, bisa saja memicu stress pada anak. Belum lagi bila ada cek-cok dengan teman sebaya disekolahnya, anak bisa saja terkena gangguan psikis yang membuatnya menjadi sering marah, diam, melamun atau bahkan berbicara sendiri. Nah, jika orang tua menemukan gejala seperti itu pada anaknya, maka mendatangi layanan konsultasi anak sangat dianjurkan. Dengan mengikuti program konsultasi tersebut, dokter bisa membantu si anak untuk mengeluarkan unek-unek atau pengalaman buruknya saat berada di sekolah. Dari keterangannya itulah, dokter yang menangani si anak bisa memberikan terapi psikis agar si anak kembali pada jati dirinya, dan bisa kembali bersemangat untuk mengisi hari-harinya disekolah.

Nah, bagaimana sekarang kita sudah tahukan manfaat dari konsultasi anak ini? Buang jauh-jauh anggapan jika layanan seperti ini tidak penting. Karena yang sebenarnya, layanan tersebut sangat membantu sekali bagi orang tua untuk mengetahui perkembangan anak-anaknya. Apalagi saat ini telah banyak layanan konsultasi yang bisa diakses secara online tanpa harus datang langsung ke tempat praktek dokter. Cukup install aplikasi androidnya, ajukan pertanyaan pada dokter spesialis anak, dan kita bisa mendapatkan indikasi jawaban atas segala permasalahan kesehatan pada anak-anak kita. Jika dibutuhkan, maka tinggal buat janji bertemu pada dokter terkait untuk mendapatkan tindak lanjut medis.

Leave a reply "Pentingnya Konsultasi Untuk Memantau Perkembangan Anak"