Pentingnya Struktur Organisasi pada Sebuah Perusahaan

No comment 111 views
build_links(); ?>

Struktur Organisasi Mayora

Sebuah perusahaan yang besar biasanya memiliki struktur organisasi yang jelas. Contohnya saja perusahaan dengan nama brand Mayora. Perusahaan raksasa ini memiliki struktur organisasi Mayora yang jelas dan dapat diakses oleh publik. Hal ini penting, mengingat publikasi ini berguna untuk meyakinkan konsumen bahwa perusahaan tersebut memiliki sistem yang jelas dalam menjalankan perusahaannya. Nah, pada dasarnya struktur organisasi merupakan sebuah hierarki atau tingkatan yang didalamnya tersusun tentang komponen-komponen sebuah perusahaan, yang meliputi data-data kepemimpinan, pembagian kerja karyawan, aktivitas perusahaan dan lain sebagainya.

Selain itu, pada struktur organisasi juga menjelaskan tentang adanya spesialisasi pada masing-masing fungsi pekerjaan, saluran perintah dari atasan, hingga yang menyangkut alur penyampaian sebuah laporan. Jadi wajar saja jika sebuah perusahaan, baik itu skala besar maupun menengah, harus memiliki struktur organisasinya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut adalah beberapa fungsi struktur organisasi pada sebuah perusahaan;

  1. Memberikan Kejelasan dalam Tanggung Jawab Pekerjaan

Salah satu pentingnya memiliki struktur organisasi di perusahaan adalah untuk memberikan kejelasan mengenai pelaksanaan dan implementasi terhadap kewenangan yang harus dipertanggungjawakan oleh masing-masing anggota (karyawan) di dalam sebuah hierarki yang sah. Dengan adanya hierarkiĀ  yang jelas ini, diharapkan tiap-tiap anggota (karyawan) bertanggung jawab terhadap tugas-tugas dan kewajibannya. Pertanggungjawaban tersebut bersifat langsung kepada atasannya sesuai dengan hierarki yang ada.

  1. Menjelaskan Kedudukan dan Koordinasi Masing-masing Penyusun Perusahaan

Bila seorang karyawan yang namanya sudah tercantum pada hierarki struktur organisasi, sebenarnya akan sangat memudahkan dalam hal koordinasi kedudukan dan hubungannya dengan fungsi pada pekerjaannya tersebut. Hal ini juga memberikan peluang agar tidak terjadinya kesalahan dalam penyampaian informasi atau komunikasi yang memang sering terjadi pada sebuah perusahaan yang tidak memiliki struktur organisasi di dalam-nya. Tak hanya itu, hal ini juga termasuk sangat fital, sebab menyangkut pertumbuhan perusahaan. Nah, dengan landasan yang jelas pada sistem hierarki ini, maka seperti pekerjaan yang dilakukan dapat dikomunikasi dengan baik.

  1. Memberikan Uraian Tugas (Beban Kerja) yang Jelas

Setiap pekerjaan memang harus memiliki tugas-tugas dan tanggung jawab yang jelas. Nah, ini bisa dilihat dari struktur organisasi sebuah perusahaan. Tak hanya berisikan informasi uraian tugas bawahan saja, namun uraian tugas atasan juga harusnya tercantum dengan lugas.

Bagi seorang atasan, hierarki tugas ini sangat berguna untuk membantu karyawan dalam menjalani pekerjaannya. Selain itu, ia juga akan lebih memudah melakukan pengawasan hanya dengan melihat uraian tugas pada struktur organisasi. Sedangkan bagi bawahan (karyawan) dengan adanya struktur tersebut, ia akan lebih bisa fokus pada tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya, tanpa harus dilibatkan pada hal-hal lain yang tidak ia bidangi.

Leave a reply "Pentingnya Struktur Organisasi pada Sebuah Perusahaan"