Penyebab Bayi Gumoh Setelah Minum ASI

No comment 58 views
build_links(); ?>
Penyebab Bayi Gumoh

 

Gumoh pada bayi bukan merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Gumoh merupakan sebuah kondisi yang umum terjadi, selang beberapa saat bayi meminum ASI. Bagi Ibu muda, mungkin kondisi ini akan sedikit menimbulkan kekhawatiran. Karena biasanya Ibu muda belum banyak tau perbedaan antara gumoh dengan muntah.

Gumoh adalah reaksi tubuh alami yang biasanya disertai dengan keluarnya sisa ASI yang tidak dapat dicerna oleh perut si kecil memulai organ mulutnya. Banyaknya gumoh yang keluar biasanya dipengaruhi oleh seberapa banyak si kecil meminum ASI. Yah, meskipun bukan sebuah kondisi yang fatal, namun gumoh dengan intensitas yang sering dan dalam jumlah yang banyak bisa menjadi pertanda bahwa tubuh si kecil tengah mengalami masalah. Nah, jika hal ini sampai terjadi pada bayi Anda, ada baiknya segera memeriksakan si kecil ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Lantas mengapa bayi bisa mengalami gumoh? Berikut adalah penyebab bayi gumoh yang biasa terjadi setelah bayi meminum ASI.

  1. Bayi tidak bisa bersendawa

Bersendawa bisa jadi merupakan penyebab pertama mengapa bayi bisa mengalami gumoh. Bayi yang berusia di bawah 6 bulan, umumnya tidak dapat bersendawa sendiri. Maka dari itu bayi perlu diupayakan bersendawa untuk membantu perut dan rongga kerongkongannya menjadi lebih nyaman. Menepuk bagian tengkuk bayi usai meminum ASI, dapat membantu bayi lebih mudah bersendawa. Sambil memposisikan tubuh si kecil dalam keadaan berdiri bersandar pada bahu, dan menepuk bagian tengkuk bayi dengan lembut, akan membuat proses bersendawa menjadi lebih cepat. Nah, setelah bersendawa biasanya si kecil tidak akan mengalami gumoh lagi dan dapat tidur dengan nyenyak. 

  1. Bayi menghisap banyak udara ketika minum

Saat minum ASI, biasanya udara akan turut serta masuk ke dalam organ pernapasannya. Apabila udara yang masuk terlalu banyak, maka dapat menyebabkan si kecil gumoh. Hal ini dapat terjadi karena pelekatan mulut si kecil dengan payudara Ibu tidak sempurna, sehingga memungkinkan udara masuk ke dalam mulutnya. Maka dari itu, saat Anda akan memberikan ASI pada si kecil, maka perhatikan betul apakah pelekatannya sudah sempurna atau belum, dengan begitu gumoh dapat diminimalisir.

Leave a reply "Penyebab Bayi Gumoh Setelah Minum ASI"