Penyebab Terjadinya Masalah Kulit Kering

No comment 136 views
Kulit Kering

 

Masalah kulit kering dapat terjadi pada siapa saja. Tak hanya wanita, pria pun sangat rentan mengalami permasalahan kulit yang satu ini. Bahkan lebih luas lagi, masalah ini juga dapat terjadi pada orang dewasa dan juga anak-anak.

Dalam dunia medis, masalah kulit kering dikenal dengan sebutan xerosis atau xeroderma. Dimana pada kondisi seperti ini beberapa bagian kulit akan terasa kasar, bersisik hingga mengalami pecah-pecah. Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan, namun kulit yang kering tentu akan sangat mempengaruhi penampilan. Bahkan kebanyakan orang yang mengalami masalah ini, akan cenderung lebih tidak percaya diri karena kulit yang terlihat kurang indah.

Pada dasarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab masalah kulit ini. Ada yang memang sudah menjadi bawaan sejak lahir, namun ada juga yang disebabkan karena kurang baiknya dalam merawat kulit. Untuk lebih jelas, berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah kulit kering:

1. Iritasi

Tak ingin mengalami masalah kulit menjadi kering? Maka sebaiknya hindari segala hal yang dapat menjadi penyebab iritasi kulit. Iritasi kulit bisa terjadi karena adanya zat kimia yang tidak dapat diterima oleh tubuh. Misalnya pemakaian deterjen pada pakaian, atau penggunaan parfum. Deterjen ataupun parfum menggunakan zat kimia yang kadang bisa bereaksi dengan kulit kita. Sehingga dapat menyebabkan masalah iritasi kulit.

2. Menggosok kulit

Menggosok bagian kulit secara sembarangan juga bisa menjadi pemicu masalah kulit menjadi kering. Misalnya pada saat Anda mandi dan menggosok tubuh dengan menggunakan spon. Gesekan antara spon dengan kulit, dapat menjadi kulit kehilangan minyak alaminya dan menyebabkan kulit menjadi kering. Maka dari itu sangat disarankan untuk tidak menggunakan spon saat mandi.

3. Berhanduk setelah mandi

Banyak orang yang juga mempercayai jika berhanduk setelah mandi dapat beresiko membuat kulit menjadi kering. Mandi dapat membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga saat Anda selesai mandi dan langsung menggunakan handuk untuk mengeringkan tubuh, maka secara otomatis kulit akan kehilangan kelembapannya. Sebaiknya, usai mandi jangan langsung mengeringkan badan terselebih dahulu. Mulailah untuk mengiringkan kepala (rambut) yang basah, lalu selang beberapa menit mengeringkan badan dengan cara menepuk-menepukkanya dengan handuk yang lembut.

4. Penggunaan sabun yang tidak tepat

Jika Anda peduli dengan kulit cantik Anda, maka mulai sekarang jangan asal memilih sabun untuk mandi. Jangan menggunakan sabun yang tidak diperuntukkan untuk badan. Karena bila Anda nekat menggunakannya maka akan berakibat buruk pada kulit Anda. Kulit akan kehilangan kelembapannya dan bahkan yang lebih parahnya lagi, kulit akan terkikis hingga teriritasi karenanya. Untuk itu pilihlah sabun mandi yang dikhususkan untuk badan. Dan akan lebih bagus lagi, jika sabun mandi tersebut mengandung zat-zat aktif untuk meremajakan kulit dan menjaga kelembapan kulit.

5. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrem juga bisa berdampak pada kulit. Suhu udara yang terlalu rendah, dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya dan menyebabkan kulit menjadi kering. Dan sebaliknya jika suhu udara terlalu panas, maka kulit dapat mengalami iritasi yang secara cepat akan membuat kulit menjadi merah, gatal hingga mengelupas.

6. Bertambahnya usia

Faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab masalah kulit kering adalah karena bertambahnya usia. Jika usia seseorang semakin bertambah, maka kulit akan semakin tipis dan kering. Namun hal ini masih tergolong wajar, mengingat semakin tua usia seseorang maka hormon-hormon yang meregenerasi kulit pun akan semakin berkurang dan dapat membuat kulit menjadi kering.

Leave a reply "Penyebab Terjadinya Masalah Kulit Kering"