Inilah Perkembangan Janin Pada Usia Hamil 4 Bulan

No comment 682 views
build_links(); ?>
Hamil 4 Bulan

 

Tahukah anda? Saat hamil 4 bulan hal ini merupakan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh calon orangtua di muka bumi ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bahwa pada periode hamil 4 bulan ini ibu hamil akan merasakan perkembangan janin yang sangat siginifikan dan pada usia kehamilan ini juga seorang ibu hamil akan mengetahui perubahan tubuhnya terutama untuk bagian perutnya.

Pada saat kehamilan 4 bulan, perut ibu hamil sudah mulai membesar hal ini tentunya disebabkan karena janin yang ada didalam perut sudah mulai besar dan yang paling membahagiakan lagi janin tersebut sudah diberih ruh oleh sang maha pencipta sehingga tidak heran bagi mereka yang beragama islam sering mengadakan syukuran sebagai tanda terimakasih kepada sang pencipta.

Terdapat banyak sekali perkembangan yang akan dirasakan oleh ibu hamil salah satunya seperti pergerakan janin yang lebih terasa dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya karena pada saat masa periode ini calon buah hati yang berada didalam rahim sudah mulai memiliki beberapa sistem organ tubuh yang mulai terbentuk dan berfungsi walaupun sebenarnya masih belum matang.

Berikut Beberapa Perkembangan Janin Usia Kehamilan 4 Bulan Yang Perlu Diketahui!

Berbicara tentang usia kehamilan 4 bulan tentu saja mengetahui perkembangan janin didalam perut merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, karena pada tahap ini janin tersebut sudah mulai berbentuk seperti manusia. Berikut beberapa perkembangan janin pada usia kehamilan empat bulan yang perlu diketahui :

  1. Pada usia kehamilan 4 bulan, janin yang ada didalam perut sudah mulai memiliki bagian tubuh yang lengkap dan sudah mulai berfungsi walaupun pematangannya berlansung saat usia kehamilan berikutnya.
  2. Janin sudah mulai peka terhadap hal diluar rahim seperti sudah mengenali suara ibunya dan sebagainya.
  3. Indera pendengaran terus berkembang pesat sampai pematangan pasa usia kehamilan 7 bulan.
  4. Bentuk wajah janin sudah mulai terbentuk sehingga ketika anda memeriksannya setidaknya anda akan melihat samar-samar calon anak anda.
  5. Sistem indera penglihatan sudah terbentuk dengan sempurna namun janin masih belum bisa melihat akan tetapi walaupun masih belum bisa melihat, indera penglihatannya sudah mulai peka terhadapa cahaya.
  6. Sistem jaringan tubuh bagian kulit kepala sudah mulai terbentuk.
  7. Sistem syaraf otak pada janin sudah mulai berkembang lebih baik dibandingkan dengan perkembangan sebelumnya.
  8. Ukuran janin sudah mulai bertambah yaitu sekitar 5.5 inci dengan berat 135 gram dan ukuran panjang kurang lebih 16 cm.
  9. Rambut halus janin sudah mulai tumbuh.
  10. Sistem jaringan otot janin sudah mulai berkembang dan terbentuk menjadi lebih kuat.
  11. Organ hati sudah mulai berkembang dan membentuk sel darah ataupun beberapa sistem tubuh lainnya.
  12. Detak jantung janin sudah mulai bertambah dan bisa dideteksi melalui pemeriksaan USG.
  13. Alis janin sudah mulai terbentuk dengan indah.

Nah, itulah beberapa tahap perkembangan janin pada usia kehamilan 4 bulan. Pada masa ini ibu hamil sudah mulai harus rutin memeriksa kandungannya pada dokter kandungan dan yang pastinya harus senantiasa menjaga kesehatannya dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan juga mulai berolahraga kecil namun menyehatkan dan mengurangi aktivitas yang terlalu berat. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan terbaru untuk anda!

Leave a reply "Inilah Perkembangan Janin Pada Usia Hamil 4 Bulan"