Perkiraan Masa Menstruasi Setelah Melahirkan

No comment 133 views

Masa Menstruasi Setelah Melahirkan

Masa menstruasi setelah melahirkan pada wanita yang melahirkan secara caesar tidaklah sama. Ada wanita yang bisa menstruasi normal dalam waktu yang cepat, dan ada pula yang harus menunggu hingga berbulan-bulan lamanya. Semua itu tergantung pada kondisi individunya masing-masing, terlebih bagi wanita yang sedang menyusui. Semakin lama menyusui, tentu semakin lama pula menstruasi kembali normal.

1-2 bulan pertama pasca melahirkan, biasanya menstruasi sangat jarang terjadi. Hal ini dikarenakan hormon Prolaktin yang dilepaskan ketika menyusui mengirim pesan ke otak untuk menunda proses hormon ovulasi, sehingga wanita tidak akan mengalami menstruasi untuk beberapa waktu. Namun setelah beberapa bulan menyusui, akan terjadi menstruasi pertama, dan akan kembali berhenti hingga beberapa bulan lagi kedepan. Kondisi ini tidak merata terjadi pada setiap wanita. Semua itu juga tergantung berapa kali seseorang melahirkan caesar, semakin sering melahirkan, maka siklus menstruasi juga semakin tidak menentu. Jadi jangan heran ya, jika menunggu haid pertama itu akan sangat lama.

Bagaimana bila masa menstruasi pertama setelah melahirkan tidak kunjung datang?

Pasca melahirkan hingga menstruasi pertama akan berlangsung lama. Namun bagaimana jika menstruasi pertama tidak kunjung datang. Jika ini berlangsung hingga lebih dari 6 bulan, dengan kondisi Anda juga tidak menggunakan KB. Maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang tepat. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan dan observasi terhadap kondisi Anda. Apakah ada kondisi lain yang menghambat terjadi menstruasi seperti masalah hormon, masalah berat badan, hingga ke kondisi psikis Anda.

Nah, jika selama pemeriksaan tidak ditemukan sesuatu yang membahayakan. Biasanya dokter hanya akan menyarankan untuk mengubah pola hidup. Mulai dari menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan hindari stres yang berkepanjangan. Namun bila setelah pemeriksaan ditemukan masalah yang serius, maka Anda harus menjalani pengobatan secara kontinyu.

Daftar Makanan/Minuman yang Ampuh untuk Melancarkan Menstruasi Pasca Melahirkan

Untuk mempercepat masa menstruasi setelah melahirkan, ada baiknya Anda memperhatikan makanan/ minuman yang Anda konsumsi. Berikut ini makanan/minuman yang baik untuk melancarkan menstruasi;

  1. Air Kelapa Hijau

Selain sebagai minuman yang menghasilkan ion, ternyata air kelapa hijau juga bermanfaat untuk melancarkan menstruasi usai melahirkan. Kandungan asam laurat, sangat ampuh melawan bakteri, jamur, dan juga virus yang mungkin menjadi penyebab menstruasi terlambat. Selain itu, didalam air kelapa hijau juga terkandung zat mineral yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond juga sangat baik untuk dikonsumsi dalam upaya untuk melancarkan menstruasi. Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein yang dapat menginduksi panas tubuh sehingga masa menstruasi setelah melahirkan kembali teratur.

Leave a reply "Perkiraan Masa Menstruasi Setelah Melahirkan"