Perlukah Konsumsi Suplemen Olahraga?

No comment 960 views
build_links(); ?>

Suplemen Olahraga

Bagi seorang olahragawan atau yang menyukai aktifitas yang menghasilkan keringat, pastinya sudah sangat mengenal dengan suplemen kesehatan. Selain untuk menjaga stamina tubuh agar tidak drop usai berolahraga, suplemen juga mampu mengembalikan kebugaran tubuh yang hilang selama berolahraga. Lalu, perlukah mengkonsumsi suplemen setiap ingin berolahraga? Pada dasarkan suplemen olahraga memang dibutuhkan oleh tubuh, namun satu hal yang harus diketahui bahwa suplemen tidak dapat menggantikan makanan pokok sebagai sumber energi utama tubuh. Jadi penggunaan suplemen hanya sebagai pendamping disaat asupan gizi yang Anda peroleh dari makanan pokok tidak cukup terpenuhi.

Kebiasaan orang Indonesia untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat masih tinggi sedangkan untuk makanan berprotein masih sangat rendah. Padahal pada saat berolahraga, tubuh memerlukan protein tinggi untuk menaikkan massa otot, sehingga dapat membentuk tubuh dengan lebih cepat. Ini yang biasanya dibutuhkan ketika seseorang menginginkan bentuk tubuh yang bagus dengan berolahraga. Untuk memenuhinya, maka suplemen sangat dibutuhkan agar tubuh tidak kekurangan protein. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis suplemen dan manfaatnya bagi tubuh:

1. Suplemen Protein

Sesuai pembahasan sebelumnya, suplemen protein sangat dibutuhkan oleh pria yang mendambakan tubuh berotot. Otot dapat terbentuk dengan baik apabila kita rajin mengkonsumsi protein, namun dengan batas yang wajar, serta diimbangi dengan olahraga yang memang diperuntukkan untuk membentuk otot, misalnya fitness.

2. Suplemen Creatine

Creatine dibutuhkan oleh tubuh pada saat melakukan olahraga berat seperti mengangkat beban. Creatine berfungsi meningkatkan ukuran sel otot, sehingga menghasilkan tenaga yang besar saat sedang berolahraga. Bagi yang gemar berolahraga berat, suplemen creatine diwajibkan untuk dikonsumsi, karena mampu menaikkan vitalitas dan tenaga selama berolahraga.

3. Suplemen Glutamin

Untuk menghindari atau menyembuhkan cedera pada saat berolahraga, suplemen glutamin sangat disarankan untuk dikonsumsi. Pasalnya asam amino non-esensial yang terkandung pada glutamin sangat dibutuhkan untuk membentuk jaringan otot rangka, meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh saat terjadi cedera otot.

4. Suplemen Multivitamin dan Mineral

Tak hanya protein saja yang dibutuhkan oleh tubuh saat berolahraga, multivimin dan mineral ternyata memiliki peran penting untuk menunjang perkembangan otot. Kandungan multivitamin dan mineral pada suplemen dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengembalikan stamina yang terkuras selama proses/pasca berolahraga.

Leave a reply "Perlukah Konsumsi Suplemen Olahraga?"