Posisi Indonesia di Organisasi Industri Manufaktur Unindo

No comment 845 views
build_links(); ?>

Industri Manufaktur Unindo

Krisis ekonomi yang melanda sejumlah negara di eropa dan amerika ternyata tidak berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bahkan Indonesia termasuk salah satu negara yang mampu bertahan di tengah krisis global. Kondisi yang seperti ini didukung oleh industri manufaktur yang terus mengalami perbaikan dan kemajuan, sehingga menyumbang setidaknya sedikit harapan untuk Indonesia keluar dari krisis global yang tak kunjung selesai.

Atas prestasi ini banyak negara-negara yang semakin dekat dengan Indonesia khusus negara-negara yang menjadi anggota PBB. PBB juga turut memfasilitasi berbagai bentuk kerjasama dalam berbagai bidang industri khususnya manufaktur. Hal tersebut penting dilakukan agar setiap negara mampu mencapai stabilitas ekonomi yang memadai, ditengah krisis yang sedang terjadi. Organisasi dibawah naungan PBB pun turut dibentuk untuk menangani masalah ini, seperti membentuk organisasi UNINDO (United Nations Industrial Development Organization) yang dalam arti lain disebut juga sebagai Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa. Adapun peran organisasi industri manufaktur Unindo ini adalah untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi antar sesama anggota PBB, sehingga dapat tumbuh dan berkembang atau mempercepat laju pertumbuhan ekonomi bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia.

Sebagai negara berkembang, Indonesia termasuk negara yang sangat cepat dalam pertumbuhan industri manufaktur-nya. Kondisi ini dapat dilihat dari industri manufaktur Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan ke arah yang lebih baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prestasi Indonesia yang kini berada di peringkat 10 besar negara industri manufaktur dunia versi Unindo. Unindo mencatat bahwa manufaktur Indonesia punya andil besar dalam dunia industri. Bahkan permintaan terhadap produk-produk manufaktur dari Indonesia semakin diminati oleh Dunia Internasional karena memiliki kualitas yang bagus. Sungguh ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan ditengah krisisis global yang terjadi hampir diseluruh negara di dunia, namun Indonesia mampu bangkit lewat industri manufaktur yang terus mengalami kemajuan.

Atas pencapaian ini, Indonesia berkesempatan besar untuk bekerjasama dengan negara-negara potensial untuk memasarkan produk manufaktur. Dengan begitu diharapkan akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan ekonomi dan kemajuan industri manufaktur dalam negeri. Namun dibalik itu semua, ada peran penting pemerintah yang tidak boleh sampai di lupakan, agar peringkat Indonesia dalam Unindo semakin meningkat. Pemerintah perlu campur tangan dalam membina pelakukan industri, memberikan bantuan modal dan menjalin kerjasama dengan negara-negara untuk memasarkan produk manufaktur. Dengan kerjasama seperti ini, maka bisa jadi kedepannya Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan industri manufaktur terbaik.

Leave a reply "Posisi Indonesia di Organisasi Industri Manufaktur Unindo"