Rangkaian Perawatan Wajah Berjerawat yang Alami

1 comment 944 views

Perawatan Wajah Berjerawat

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang dapat terjadi pada hampir setiap jenis kulit. Jerawat menjadi momok yang menakutkan khususnya kalangan wanita karena dapat mengganggu kecantikan kulit dan tentunya rasa percaya diri. Belum lagi jika jerawat yang tumbuh tidak segera ditangani dengan cepat, bisa-bisa dapat menimbulkan bekas/noda hitam yang sangat mengganggu sekali. Tentunya ini merupakan sebuah masalah yang memang harus segera diatasi, tak jarang jadinya wanita justru rela melakukan apapun demi menjaga kulit wajah agar tidak ditumbuhi jerawat, misalnya dengan mengikuti rangkaian perawatan wajah berjerawat entah itu menurut anjuran dokter ataupun melalui cara-cara alami dan aman untuk jangka panjang.

Timbulnya jerawat pada kulit wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun yang paling berpengaruh besar adalah faktor biasaan kita yang terkadang suka malas untuk membersihkan muka. Beraktifitas diluar rumah dan menghasilkan keringat, memang beresiko menimbulkan jerawat. Bakteri yang bercampur dengan kotoran dari lingkungan sekitar, akan menempel pada kulit wajah. Nah, jika Anda lupa atau malas mencuci muka usai beraktifitas, maka lambat laun bakteri tersebut akan menjadikan kulit iritasi lalu timbul lah jerawat. Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi, jika tidak segera di cari cara perawatan wajah berjerawat dengan benar, maka jerawat yang muncul tersebut bisa mengalami peradangan yang akan sangat menyakitkan.

Maka dari itu, bagi Anda yang sangat mencintai keindahan kulit wajah Anda, dan tak ingin wajah cantik Anda ditumbuhi oleh jerawat, ada beberapa poin penting yang perlu Anda coba. Berikut rangkaian perawatan wajah berjerawat yang alami yang bisa Anda coba sendiri dirumah.

1. Rutin menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan kulit wajah memang hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap wanita. Terlebih jika Anda adalah seorang wanita karier atau yang bekerja di luar ruangan, mencuci wajah dengan air bersih minimal 2x sehari sebelum dan sesudah beraktifitas sangat penting untuk mencegah resiko tumbuhnya jerawat. Air yang bersih dan mengalir akan mengangkat debu dan bakteri penyebab jerawat yang menempel pada kulit Anda sehingga menjadikan kulit Anda terlindungi.

2. Menjaga makanan

Selain karena debu dan bakteri, makanan yang mengandung juga minyak berlebih ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Makanan yang digoreng dengan minyak yang berlebih akan membuat wajah Anda semakin berminyak. Akibatnya jerawat dapat tumbuh dengan subur pada wajah Anda. Tak hanya itu, makanan berminyak juga menjadi pengundang masalah lain seperti komedo. Jadi sebisanya hindari makanan tersebut dan perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan (organik) yang bebas dari zat kimia berbahaya.

3. Menjaga kebersihan bantal dan handuk

Jangan anggap sepele kebersihan bantal dan handuk. Idealnya, Anda memiliki bantal dan handuk sendiri atau tidak bercampur dengan milik orang lain. Sebab bantal dan handuk merupakan perlengkapan pribadi yang biasa langsung bersentuhan dengan keringat. Nah, jerawat juga bisa muncul dari keringat orang lain yang menempel pada bantal atau handuk. Untuk itu pastikan bahwa handuk dan bantal Anda tidak dipakai oleh orang lain dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, minimal 2 kali seminggu sarung bantal dan handuk di ganti dengan yang baru, agar bakteri tidak berkembang dan berpindah ke wajah Anda.

4. Lakukan perawatan wajah alami

Jika Anda tidak cukup dana untuk melakukan perawatan wajah di salon atau tempat-tempat spesialis kecantikan, Anda juga bisa melakukan perawatan wajah berjerawat sendiri dirumah dengan bahan-bahan alami yang mudah di dapatkan. Misalnya dengan rutin menggunakan masker dari buah-buahan seperti bengkuang atau mentimun. Kedua jenis buah-buahan ini memang sering digunakan sebagai masker anti jerawat, bahkan beberapa produk kecantikan juga telah menggunakan ekstrak buah bengkuang atau mentimun sebagai bahan utamanya. Jadi Anda tidak perlu ragukan lagi khasiatnya.

  1. author

    ita11 months ago

    Terima kasih untuk informasi yang sangat bermanfaat

    Reply

Leave a reply "Rangkaian Perawatan Wajah Berjerawat yang Alami"