Referensi Obat untuk Kutu Kucing yang Aman

No comment 79 views
build_links(); ?>
referensi obat kutu kucing

 

Kutu merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada hampir semua kucing. Meskipun kucing sudah dirawat dengan baik, masih banyak ditemui kasus kutu yang menyerang kucing-kucing peliharaan. Sebenarnya ada banyak referensi obat kutu kucing yang bersebaran di dunia maya, namun sayangnya tidak semua obat yang disarankan tersebut aman untuk diberikan kepada kucing. Bahkan tak jarang dapat menimbulkan masalah baru, sehingga perlu difikirkan bagaimana cara yang aman untuk mengatasi kutu kucing.

Ada banyak faktor mengapa kucing peliharaan dapat terserang kutu, diantaranya disebabkan oleh:

  1. Disebabkan oleh kontak langsung dari kucing lain yang sudah terjangkit kutu terlebih dahulu.
  2. Kutu bisa hidup pada tempat-tempat tertentu di rumah, umumnya kutu akan bersembunyi terlebih dahulu, sebelum akhirnya berpindah ke kucing peliharaan Anda.
  3. Penyebaran kutu tidak hanya melalui kucing lain saja, tapi kutu yang berasal dari hewan lain seperti anjing, kelinci dan sebagainya juga bisa menjadi penyebab kucing Anda terjangkiti oleh kutu. 

Bahaya Kutu pada Kucing

Banyak anggapan yang beredar luas di masyarakat bahwa kutu kucing bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun berdasarkan informasi dari sejumlah pakar kesehatan hewan (kucing khususnya), ternyata kutu pada kucing bisa berdampak buruk pada kesehatan kucing itu sendiri, maupun terhadap pemiliknya. Berikut adalah bahaya yang bisa ditimbulkan dari kucing yang terjangkit kutu;

  1. Kutu kucing bisa membawa hewan parasit lain seperti larva cacing pita, yang dapat menetas dan berkembang di tubuh kucing.
  2. Kutu kucing juga bisa menyebabkan terjadi luka dan infeksi pada bagian kulitnya.
  3. Bahkan tak sedikit jenis kutu kucing, yang bisa berpindah ke tubuh manusia dan berkembangbiak di rambut.
  4. Dan apabila kutu kucing telah menghisap terlalu banyak darah kucing, maka kucing bisa mengalami anemia yang bisa menimbulkan kematian.

Dari sekian banyaknya masalah yang bisa ditimbulkan dari keberadaan kutu pada kucing. Maka bagi Anda yang memiliki kucing peliharaan, sebaiknya perlu melakukan perawatan yang intensif untuk mencegah datangnya kutu yang bisa menyerang kucing kesayangan Anda.

Cara paling ampuh untuk mengobati kutu kucing sebenarnya adalah dengan menggunakan shampoo khusus ataupun obat-obatan yang khusus untuk mengatasi masalah kutu. Untuk obat-obatan, biasanya berbentuk tepung (bedak), maupun cairan yang diteteskan pada bagian bulu kucing. Namun penggunaaan obat-obatan ini bisa saja memberikan dampak negatif untuk kucing. Terkadang, penggunaan obat kutu kucing dapat menimbulkan masalah kerontokan bulu.

Cara Alami Mengatasi Kutu Kucing

Menggunakan obat-obatan untuk mengatasi kutu kucing memang terkadang bisa mengundang resiko yang lebih besar. Nah, untuk itu bisa disiasati dengan menggunakan ramuan alami yang telah lama dipercaya efektif untuk membunuh kutu kucing.

Obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kutu kucing adalah dengan menggunakan air jeruk lemon dan sedikit campuran cuka. Kedua bahan alami ini bersifat asam yang ternyata sangat dibenci oleh kutu. Jika kutu mencium aroma kedua bahan ini, maka tidak kutu menjadi tidak betah dan akan segera perlu dari tubuh kucing.

Tak hanya efektif untuk menyingkirkan kutu saja, lemon dan cuka ternyata juga bagus untuk pemulihan kucing yang pernah diserang kutu. Zat yang terkandung dalam lemon dan cuka, bermanfaat untuk penyembuhan luka akibat gigitan kutu kucing. Selain itu juga kedua bahan ini juga bisa menjadi nutrisi tambahan agar kulit kucing lebih lembut dan sehat.

Cara menggunakan lemon dan cuka sebagai obat alami kutu kucing adalah siapkan satu buah jeruk lemon dan panci yang berisi air (1 liter) yang telah dipanaskan. Potong lemon menjadi beberapa bagian, dan celupkan pada air yang sudah mendidih, lalu biarkan selama 15 menit hingga zat-zat yang terkandung dalam lemon terlarut.

Keesokan harinya, saat air rebusan sudah dingin, campurkan 1 sendok cuka dan aduk rata. Lalu gunakan air tersebut untuk memandikan kucing peliharaan Anda. Cara ini bisa dilakukan secara berulang, 3 hari sekali. Sehingga dengan begitu kucing kesayangan Anda terbebas dari kutu-kutu.

Leave a reply "Referensi Obat untuk Kutu Kucing yang Aman"