Resep Masakan Sayur Bobor Cocok Untuk Buka Puasa

No comment 251 views
build_links(); ?>

Sayur bobor cukup dikenal oleh beberapa orang, namun banyak juga yang belum mengetahui apa itu sayur bobor. Sayur bobor adalah salah satu masakan sayur bersantan yang sangat gurih dan segar bila dimakan. Yang membedakan sayur bobor ini dengan sayur bersantan lainnya adalah jika biasanya sayur bersantan memiliki rasa yang cenderung pedas, sayur bobor memiliki rasa yang berbeda yaitu tidak pedas malah gurih.

Karena tergolong masakan yang tidak pedas sehingga sayur bobor ini cocok digunakan sebagai menu hidangan buka puasa. Seharian perut yang kosong jika diisi dengan sayur bobor pasti tidak akan menyebabkan meningkatnya asam lambung selayaknya makanan pedas. Selain itu sayuran bobor biasanya mengandung sayur-sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan juga sayur-sayur lain (labu putih/labu siam) sehingga mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh dan cocok dikonsumsi.

Resep Masak Sayur Bobor Sasa Santan Kelapa

Tidak hanya dari segi manfaat, sayur bobor juga sangat tepat disajikan saat buka puasa sebab sangat praktis dalam memasaknya. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan dan cara memasaknya yang sederhana. Anda bisa memasak sayur bobor ini sambil menunggu adzan maghrib berkumandang dengan mengikuti resep masakan seperti di bawah ini :

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep

 

Bahan utama memasak sayur bobor adalah:

  • 3 ikat bayam (jumlahnya bisa mengikuti selera), 250 gram labu putih/labu siam (½ -1 buah), 2 lembar daun salam, 2 cm ruas laos (dimemarkan), 750 ml santan encer, dan gula secukupnya atau ½ sendok teh
  • Dua bungkus Sasa Santan Kelapa. Ya pada menu kali ini kita akan menggunakan Sasa santan Kelapa, bukan santan yang diperas langsung dari kelapa yang diparut. Tapi tenang, santan instan yang satu ini punya kualitas yang sama dengan santan yang baru diperas. Aroma dan rasanya se-segar kelapa yang diperas dan di dalamnya sama sekali tidak mengandung bahan pengawet, jadi sangat aman. Bahkan banyak yang bilang kalau Sasa Santan Kelapa ini cocok untuk semua masakan, makanan dan minuman.

Bumbu yang dihaluskan dalam memasak sayur bobor, meliputi :

  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • ½ sendok teh ketumbar (disangrai)
  • 2 cm ruas kencur
  • garam secukupnya atau ½ sendok teh
  • penyedap rasa bila perlu

Cara memasak sayur bobor adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, ambil bayam dan siangi kemudian cuci bersih, potong menjadi ukuran lebih kecil, sisihkan.
  2. Lanjut kupas labu putih/labu siam, potong menjadi dadu/ukuran yang sama bagiannya, cuci bersih, sisihkan.
  3. Sementara itu peras santan menjadi santan encer dan santan kental. Lalu masak santan encer hingga mendidih, baru masukkan bumbu halus, daun salam, dan laos. Aduklah dan tunggu hingga cukup matang.
  4. Masukkan potongan bayam dan labu putih/labu siam ke dalam santan tadi, aduk.
  5. Selanjutnya masukkan Sasa Santan Kelapa dan tambahkan gula, aduk dan cicipi rasanya. Ingat, ketika santan telah dimasukkan, usahakan jangan terlalu lama dalam memasaknya. Sebab santan tidak baik jika dimasak terlalu lama. Selain mengurangi rasa nikmatnya, juga menghilangkan kandungan baik yang ada di dalam santan.
  6. Lanjutkan memasak hingga matang.
  7. Setelah matang, siap anda sajikan dalam mangkok sebagai sayur pelengkap hidangan buka puasa.

Nah itulah resep membuat sayur bobor dengan Sasa Santan kelapa. Sekarang! Giliran Anda yang berkreasi dengan Sasa. Sasa Santan, Aslinya Santan!

Leave a reply "Resep Masakan Sayur Bobor Cocok Untuk Buka Puasa"