Sakit Perut Sebelah Kiri? Ini Dia Beberapa Penyebabnya!

No comment 158 views

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit perut pastinya sering kali di alami setiap orang. Penyebabnya pun bermacam- macam, dan yang paling umum terjadi adalah sakit perut yang di sebabkan oleh mengonsumsi makanan yang pedas. Efek makanan pedas ini pada setiap orang akan berbeda- beda dan tergantung kondisi tubuh atau kesehatan seseorang. Selain itu ada sakit perut di bagian perut kiri. Nah ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu kalian ketahui, yuk simak artikel ini.

  • Divertikulitis

Nah untuk penyebab pertamanya yang biasa terjadi adalah divertikulitis. Mungkin kalian jarang mendenganya kan? Divertikulitis merupakan inflamasi pada kantung- kantung di dinding usus besar. Penyakit ini sering sekali menyerang orang yang berusia 45 tahun karena usus mereka sudah mulai melemah. Divertikulits terjadi gara- gara makanan yang belum tercerna dengan baik terjebak di dalam diverticula. Penyumbatan tersebut mengakibatkan dinding usus membengkak dan menimbulkan sobekan. Gejala yang sering di timbulkan yaitu mual, tidak nafsu makan, dan demam.

  • Radang usus buntu

Nah jika kalian mengalami sakit perut bermulai dari daerah pusar, lalu perlahan bergerak ke bagian kiri, maka hal tersebut kemungkinan besar di sebabkan oleh radang usus buntu. Penyakit ini yang umumnya biasa terjadi oleh pembengkakan kelenjar getah bening di bagian dinding usus ini harus segera di tangani oleh pihak medis. Karena jika di biarkan secara terus menerus, radang usus buntu ini dapat meningkatkan risiko pecahnya usus buntu.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah sebuah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dinding pada rahim tumbuh di luar rahim. Jaringan ini dapat tumbuh di indung telur, tuba falopi, rektum, vagina dan usus. Nah biasanya penyakit ini di tandai dengan gejala sakit perut bagian kiri. Kalian harus tahu, bahwa tingkat keparahan nyeri tidaklah menandakan tingat keparahan endometriosis. Ada beberapa perempuan yang mengalami endomestriosis ringan dapat merasakan nyeri yang parah. Sedangkah perempuan dengan endomitriosis berat biasanya akan merasakan sedikit bahkan tidak merasakan nyeri sama sekali. Kalian juga dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit, terapi hormon atau operasi untuk mengatasi penyakit ini.

  • Penyakit ginjal

Penyakit yang melibatkan organ ginjal, seperti batu ginjal, batu saluran kemih, dan infeksi ginjal, hal tersebut dapat menyebabkan kalian nyeri di bagian perut sebelah kiri. Pada kasus batu ginjal dan batu saluran kemih, biasanya penderita akan mengalami keluhan tambahan. Yaitu nyeri pinggang, susah buang air kecil, dan buang air kecil akan berwarna merah. Adapun pada kasus infeksi ginjal, nyeri perut sebelah kiri biasanya terjadi di barengi dengan demam. Segera melakukan pengecekan agal tidak menderita kesakitan yang lebih lama lagi.

  • Pankreatitis akut

Penyakit ini bisa di sebut sebagai sakit radang kelenjar pankreas. Ketika mengalami sakit perut ini pasti akan merasakan nyeri yang sangat dahsyat di bagian perut kiri yang dapat menjalar hingga ke daerah punggung. Biasanya kondisi seperti ini akan di barengin dengan demam yang tinggi. Nah penderita penyakit ini harus segera mendapatkan perawatan dengan medis yang ahli karena penyakit ini termasuk berbahaya.

Jika kalian mengalami sakit perut sebalah kiri, jangan sampai mengabaikannya. Karena bisa jadi itu adalah gejala yang kalian alami kondisi kesehatan tertentu seperti yang di jelaskan di atas. Oleh karena itu jika kalian mengalami sakit perut dalam waktu tiga sampai lima hari tidak kunjung sembuh segera perti ke dokter.

Leave a reply "Sakit Perut Sebelah Kiri? Ini Dia Beberapa Penyebabnya!"