Sebab Karang Gigi dan Cara Mengatasinya

No comment 148 views
build_links(); ?>

Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan permasalahan gigi yang paling sering dialami hampir setiap orang. Memang timbulnya karang gigi bukan sebuah masalah yang serius bagi kesehatan, namun adanya karang gigi dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik hingga dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh karenanya, banyak cara yang diupayakan oleh orang demi membersihkan karang gigi. Mulai dari melakukan perawatan secara alami, hingga segala yang berhubungan dengan hal-hal medis.

Karang gigi adalah kondisi dimana kotoran melapisi bagian-bagian gigi hingga gusi, yang biasanya berwarna kekuningan hingga hitam. Sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik, akan menimbulkan plak sehingga terus berkembang menjadi karang yang sulit untuk dibersihkan. Penumpukan plak ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi yang sifatnya permanen, peradangan pada gigi (ginggivitis), bau mulut hingga yang paling parah dapat menyebabkan resiko terpaparnya penyakit jantung.

Maka dari itu, jangan pernah menganggap sepele masalah ini. Bila karang sudah mulai muncul Anda harus segera mencari cara untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah cara yang tepat mengatasi karang gigi;

  1. Menyikat gigi

Seperti yang sudah sering kita dengar, menyikat gigi sehabis makan terutama bagi Anda yang suka dengan makanan manis ataupun bersoda, memang sangat dianjurkan. Hal ini berguna untuk mencegah timbulnya plak yang dapat menutupi lapisan gigi dan gusi. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2x sehari, ataupun setiap selesai makan, dengan lama menyikat sekitar 2 menit. Dengan begitu, sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi dapat terangkat dan tidak menimbulkan plak.

  1. Menggunakan obat kumur

Banyak pakar kesehatan mulut mengatakan jika menyikat gigi saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan gigi dan mulut. Maka dari itu, Anda bisa menambahkan perawatan gigi dan mulut Anda dengan rutin menggunakan obat kumur. Obat kumur berfungsi untuk mengangkat sisa makanan yang tak terjangkau oleh sikat gigi serta juga dapat mengurangi terjadinya pembentukan plak. Sedangkan dianjurkan untuk menggunakan obat kumur yang mengandung flouride agar gigi sehat dan bersih.

  1. Flossing (Benang Gigi)

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan flossing. Flossing atau benang gigi berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi yang sulit untuk diangkat melalui penyikatan gigi ataupun obat kumur. Anda dapat membeli alat Dental Floss ini di apotik-apotik kesayangan Anda. Dengan menggunakan benang gigi ini, tidak ada lagi yang namanya sisa-sisa makanan, karena semuanya sudah terangkat dengan baik.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Segala perawatan gigi tentu tidak akan berhasil jika Anda tidak rutin mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Hindari atau minimal kurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Sebab, gula merupakan makanan yang paling cepat membuat kerusakan pada gigi. Selain itu, rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buah dapat menjaga gigi agar terhindar dari kerusakan.

  1. Rutin memeriksa kesehatan gigi

Terakhir adalah sebelum karang gigi menimbulkan masalah yang serius pada mulut Anda, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin pada dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Bila karang gigi Anda sudah sangat banyak, maka akan dilakukan pembersihan karang gigi secara medis. Dengan begitu gigi Anda bisa kembali sehat dan senyum menjadi lebih percaya diri.

Leave a reply "Sebab Karang Gigi dan Cara Mengatasinya"