Seperti Inilah Ciri-ciri Hamil Tua Yang Harus Bunda Ketahui

build_links(); ?>

Ciri-ciri Hamil Tua

Saat ibu hamil tengah hamil tua, pastinya akan mengalami perasaan tegang yang bercampur bahagia. Ya, terang saja demikian, sebab usia kehamilan tua ini sudah mendekati proses persalinan. Itu artinya, sebentar lagi bunda akan dikaruniai seorang anak. Bagi yang sudah pernah hamil, tentu saja bunda sudah tahu persis bagaimanakah ciri-ciri hamil tua. Namun bagi yang baru merasakan hamil, pastinya bunda belum paham betul dengan ciri-ciri tersebut? Nah, bagi bunda yang belum mengetahui ciri-ciri hamil tua, mari kita simak saja langsung paparannya di bawah ini :

  1. Janin Yang Sudah Mulai Masuk Ke Area Panggul

Ciri-ciri pertama dari hamil tua yang harus bunda ketahui, yakni janin yang sudah mulai masuk ke area panggul. Apabila janinnya sudah masuk ke panggul, maka kepala bayi pada umumnya akan berada di bawah sehingga lebih rendah. Dengan kata lain, hal tersebut merupakan pertanda bahwa sang bayi sudah siap untuk dilahirkan. Menurut para dokter kandungan, jika posisi bayinya sudah turun, maka bunda dapat bernafas lebih lega lagi. Pasalnya, posisi tersebut bisa mengurangi beberapa tekanan pada diafragma, dimana bunda tidak akan merasakan lagi sesak nafas.

  1. Serviks Yang Melebar

Serviks juga sudah menunjukan perisapan kelahiran sang bayi, dimana ia akan terbuka lebar. Kemudian pembesaran serviks tersebut ini akan diukur dengan menggunakan satuan cm (centimeter), atau menggunakan jari ketika melakukan pemeriksaan panggul internal secara manual. Akan tetapi, ukuran lebar serviks pada setiap ibu hamil itu berbeda-beda.

  1. Sering Merasakan Kram dan Nyeri di Bagian Punggung

Kram dan nyeri di bagian pangkal paha akan sering bunda alami, ketika mendekati proses persalinan. Tak hanya itu saja, bunda juga akan merasakan nyeri di bagian punggung yang cukup hebat saat mentruasi tiba. Bahkan, otot dan persendiaan juga akan ikut bergeser yang merupakan tanda persiapan untuk menghadapi proses persalinan.

  1. Diare

Apakah bunda sering masuk keluar toilet karena diare? Jika iya, itu artinya bunda sedang hamil tua. Ya, kondisi diare ini merupakan sebuah tanda yang umumnya terjadi pada usia kehamilan tua. Itu artinya, bunda tidak perlu panik dengan masalah yang satu ini, meski memang agak sedikit menyebalkan.

  1. Berat Badan Tidak Akan Bertambah dan Juga Tidak Berkurang

Pada awal kehamilan, biasanya berat badan ibu hamil itu akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berbeda ketika mendekati proses persalinan, dimana berat badan bunda cenderung lebih stabil sehingga tidak akan naik maupun turun. Bahkan, ada sebagian ibu hamil yang justru berat badannya turun beberapa kilo. Namun, kondisi tersebut merupakan hal yang wajar dan sama sekali tidak akan mempengaruhi berat badan pada bayinya. Lantas, mengapa berat badannya bisa turun? Ya, hal itu dikarenakan kadar cairan ketuban yang lebih rendah, sehingga akan membuat bunda lebih sering buang air kecil.

  1. Tubuh Yang Sering Merasa Lelah

Ciri-ciri hamil tua berikutnya yang harus bunda ketahui, yakni tubuh akan sering merasa lelah. Kondisi ini memang umumnya terjadi pada kehamilan tua, dikarenakan berat badan yang semakin bertambah. Itu sebabnya, mengapa saat diusia kehamilan tua, bunda tidak boleh melakukan aktifitas yang berat.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri hamil tua yang semoga saja bisa memberikan pencerahan. Disamping itu, bunda juga jangan sampai lupa untuk mencukupi kebutuhan asupan nutrisi selama kehamilan ya!

Leave a reply "Seperti Inilah Ciri-ciri Hamil Tua Yang Harus Bunda Ketahui"