SPOTS: Aplikasi Kasir yang Canggih dari GOJEK

4 comments 752 views
build_links(); ?>

SPOTSSumber: Spots.co.id

Kemajuan sebuah usaha memang tak terlepas dari peran teknologi. Teknologi, apalagi yang berkaitan dengan promosi usaha, sudah menjadi suatu hal yang wajib untuk dimiliki. Sebut saja sosial media seperti Instagram dan Facebook, kedua sosial media populer ini memiliki jumlah pengguna yang mencapai angka jutaan orang. Itu artinya sebuah peluang yang sangat besar telah menanti anda, asalkan anda dapat memanfaatkan teknologi yang dimiliki oleh sosial media untuk melakukan kegiatan promosi usaha dan hal-hal bermanfaat lainnya. Caranya hanya dengan sekali posting (update status) saja, entah itu menu-menu, produk terlaris ataupun promo-promo terbaru, usaha anda berpeluang untuk dilihat bahkan mendapatkan banyak penjualan dari situ.

Namun, tak soal promosi saja yang penting untuk menunjang kegiatan usaha, teknologi juga sangat dibutuhkan untuk mengatur pesanan, mencetak resi, menerima pembayaran non tunai, hingga  untuk urusan rekap penjualan harian. Jika anda adalah pelaku usaha, sudah saatnya Anda mulai beralih menggunakan aplikasi Point of Sale dari SPOTS.

Apa itu SPOTS?

SPOTSSumber: Spots.co.id

Mungkin Anda pernah mendengar istilah Sistem Point of Sale (POS). Sistem ini biasa digunakan untuk mengelola pesanan dalam sebuah aplikasi kasir. Melalui aplikasi ini, pelaku usaha dalam mengelola keuangan maupun transaksi penjualan atas usahanya. Seperti menerima pesanan, mencetak bill dan sebagainya. Namun sayangnya tidak semua pelaku usaha dapat menggunakan aplikasi ini di tempat usahanya, apalagi untuk usaha UMKM dengan modal yang minim. Sebab, untuk membeli atau menyewa aplikasi POS ini bukan sesuatu hal yang murah, dan juga mudah untuk dioperasikan. Maka dari itulah, GOJEK sangat paham betul akan kebutuhan pelaku UMKM yang ingin mengelola keuangan dan berbagai transaksi usahanya menjadi lebih baik dengan meluncurkan aplikasi SPOTS.

Oleh karena SPOTS adalah group perusahaan GOJEK, UMKM yang ingin menggunakan aplikasi ini haruslah mendaftarkan usahanya di GO-FOOD terlebih dahulu dan kemudian mengaktifkan GO-PAY sebagai metode pembayarannya. Nantinya dari situ, semua transaksi akan dilakukan melalui satu aplikasi SPOTS saja. Sangat praktis dan modern.

Fitur SPOTS?

SPOTSSumber: Spots.co.id

Pada dasarnya SPOTS berguna untuk mengatur segala transaksi penjualan oleh UMKM. Dengan sistem yang mobile, transaksi dapat lebih mudah dan murah untuk dilakukan. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang tersedia di SPOTS. Berikut beberapa fitur SPOTS yang bisa Anda gunakan;

  1. Mengatur Menu

Lewat SPOTS, Anda bisa mengatur menu untuk GO-FOOD dengan lebih mudah. Dengan aplikasi ini digenggaman Anda, mengisi daftar menu, jumlah stock, foto ataupun harga makanan bisa dilakukan secara manual lewat satu aplikasi saja.

  1. Menerima Pesanan GO-FOOD

Ketika ada pesanan GO-FOOD yang masuk, maka secara otomatis Anda akan menerima pemberitahuan ke aplikasi SPOTS. Anda juga tidak perlu khawatir akan terlewatkan order, sebab sistem SPOTS adalah realtime. Sehingga Anda bisa langsung menyiapkan pesanan, sementara driver sedang menuju ke tempat usaha Anda. Jadi dengan begitu driver bisa mengantar pesanan customer lebih cepat.

  1. Terima Pembayaran GO-PAY

Tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian saat customer datang membeli ke tempat usaha Anda. Karena pembayaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat melalui GO-PAY. Customer yang datang langsung ke tempat usaha Anda, cukup melakukan scan QR CODE yang tersedia di aplikasi SPOTS dan memasukkan nominal tagihannya, maka secara otomatif dana akan langsung berpindah ke akun GO-PAY Anda.

  1. Mencatat Ragam Tipe Pembayaran

Terkadang, transaksi pembayaran tidak melalu menggunakan GO-PAY. Bisa saja customer membayar dengan uang tunai, kartu kredit, maupun debit. Nah, teknologi SPOTS dapat mencatat itu semua, dan dapat mengirimkan rekap hariannya kepada Anda. Sehingga Anda dapat memiliki data tentang sistem pembayaran apa yang paling disukai oleh customer.

  1. Cetak Resi Instan

Salah satu fitur unggulan yang paling dibutuhkan oleh pelaku UMKM adalah kemudahan dalam mencetak resi pesanan maupun bill pembayaran. Dengan aplikasi SPOTS, cetak resi bisa dilakukan karena pada perangkat SPOTS sudah tersedia printer mini untuk mencetak resi.

  1. Laporan Harian

Kemajuan sebuah usaha dapat dipantai melalui laporan harian yang ada di aplikasi SPOTS. Dengan SPOTS, laporan harian akan terekap lebih rapih dan otomatis, jadi tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual. Informasi mengenai omzet dapat lebih mudah diketahui lewat aplikasi ini.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan aplikasi SPOTS by GOJEK ini?

SPOTS

Untuk dapat menggunakan semua fitur di SPOTS, Anda tidak perlu membayar mahal. Dengan biaya aktivasi sebesar Rp 290.000 saja dan biaya pemeliharannya yang hanya Rp 2.900 per hari, pastinya aplikasi ini sangat meringankan sekali bagi pelaku UMKM dalam memajukan usahanya.

  1. author

    Monica Anggen7 months ago

    Mantaplah ini ya ada SPOTS, memudahkan pengusaha dalam mengelola keuangan mereka, sementara memudahkan juga pelanggan yang cashless

    Reply
  2. author

    Heri Heryanto7 months ago

    ternyata ada ya alat kasir yang praktis seperti itu..

    saya juga lagi nyari testimoni pedagang yg sudah pakai spots nih.. biar lebih mantep. karena ada rencana pake ini alat

    Reply
  3. author

    relita aprisa8 months ago

    ternyata kecil kecil banyak juga manfaatnya ya kak… kalau sehari cuma 2.900 saya yakin pelaku usaha berani tanpa pikir panjang, karena manfaatnya lebih dari yang ia bayar perharinya

    Reply
    • author
      Author

      Velli, Md.8 months ago

      betul mbak, saya rasa juga begitu 🙂

      Reply

Leave a reply "SPOTS: Aplikasi Kasir yang Canggih dari GOJEK"