Sukses Pengolahan Limbah Organik Jadi Kompos

No comment 1646 views
build_links(); ?>

Sukses Pengolahan Limbah Organik Jadi Kompos Kali ini kita coba mengupas mengenai pengolahan limbah organik berupa pupuk kompos. Kompos adalah hasil pelapukan dari bahan organik seperti jerami, daun, dan sampah rumput. Proses pelapukan pada sampah organik dapat dipercepat dengan bantuan manusia. Sampah organik banyak ditemukan dilingkungan sekitar perumahan penduduk. Ada dua jenis sampah organik yaitu sampah organik kering dan sampah organik basah.

Pada dasarnya untuk pemberdayaan limbah organik terdapat beberapa prinsip yang ada didalamnya, prinsip tersebut adalah:

  • Mengurangi barang yang digunakan karena semakin banyak menggunakan barang maka akan semakin banyak sampah yang akan dihasilkan.
  • Pilih barang yang dapat digunkan kembali.
  • Apabila barang sudah tidak dapat digunakan lagi sebaiknya didaur ulang.
  • Ganti barang yang hanya dapat digunakan sekali.

Di lingkungan sekitar pasti banyak sampah atau daun-daun yang berguguran, maka agar tidak jadi pencemaran lingkungan maka pengolahan limbah harus dilakukan. Melalui dekomposisi akan terjadi proses daur ulang secara alami. Unsur hara yang ada dalam daun sudah mati karena mikroba dan akan terurai jadi unsur hara sederhana dengan campur tangan manusia dan menghasilkan sebuah produk yang bermanfaat yaitu kompos. Pengomposan dapat diartikan sebagai proses biokimiawi yang akan melibatkan jasad renik sebagai perantara dan merombak bahan organik kemudian menjadi bahan yang mirip humus. Hasil dari proses tersebut adalah kompos yang dapat dimanfaatkan sebagai pembenahan tanah dan pupuk tanaman.

Leave a reply "Sukses Pengolahan Limbah Organik Jadi Kompos"