Teknik Pemeliharaan Lantai Kayu dan Teknik Pemasangannya

No comment 26834 views
build_links(); ?>

Lantai Parket Kayu Jika anda tertarik dengan lingkungan yang bernuansa etnik, coba saja memakai lantai kayu. Corak kayu mampu membangkitkan nuansa hangat dan sejuk secara bersamaan. Kesan sejuk ketika cuaca panas, dan juga hangat ketika musim hujan. Selanjutnya, motif kayu yang beragam juga membuatnya mudah disesuaikan dengan beranekaragam furnitur rumah. Sesudah kita perbincangkan berbagai keunggulan lantai parket, kita perlu pula memperbincangkan kelemahannya. Lawan utama kayu ialah rayap, apalagi pergantian cuaca yang terus menerus juga dapat menyebabkan kayu jadi rapuh. Keawetan lantai parket amat dipengaruhi oleh jenis kayu beserta dengan cara pemeliharaannya. Pemeliharaan lantai parket perlu dijalankan secara rutin supaya corak lantai parket tidak pudar dan juga tetap memukau sampai beberapa tahun kedepan.

Karakteristik jenis kayu yang bisa dipakai sebagai lantai parket

Tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk bahan interior rumah. Kayu yang dapat digunakan untuk material rumah mestilah jenis kayu yang tahan pergantian cuaca dan juga rayap, contohnya jenis kayu merbau, damar laut, jati, bangkirai. Kayu yang banyak kandungan airnya akan gampang retak, menyusut dan juga mengembang, karena itu gunakan kayu yang minim kandungan airnya.

Luas dan juga bentuk ruangan wajib jadi bahan pertimbangan

Ketika memasang lantai parket, anda wajib mempertimbangkan luas ruangan yang bakal dipakai. Permukaan lantai yang besar memerlukan struktur lantai yang kuat juga. Hal yang kedua, jika bahan kayu yang dipakai berciri lunak, akan lebih baik jika bawahnya dilapisi material lain terlebih dahulu, supaya air dari permukaan tanah tidak teresap oleh lantai parket kayu. Mungkin anda wajib mempertimbangkan pemakaian paku maupun bahan perekat jika lantai parket dibuat dari jenis kayu yang padat seperti jati. Perhitungkan format ruangan memanjang atau melebar, jika akan memasang parket kayu. Alasannya ialah agar harmonisasi mebel lebih gampang dan juga ruangan anda akan terlihat memukau, serasi dengan lantai kayunya. Ruangan yang memanjang bakal serasi dengan tatanan lantai parket vertikal, sementara ruangan melebar akan lebih cocok dengan tatanan lantai parket horisontal. Cermati pula tingkat kerapian dalam perakitan lantai parket. Yakinkan lantai parket kayu tersusun dengan rata dan rapi, karena jika permukaan lantai bergelombang, parket kayu akan gampang rusak, dan juga ruanganpun jadi tidak nyaman.

Penting dilakukan pemeliharaan secara teratur

Anda wajib memberikan perawatan tertentu supaya lantai parket yang anda punyai tetap awet. Kain basah atau air pembersih tidak boleh difungsikan untuk mengepel lantai parket, karena air akan gampang terserap oleh kayu yang menyebabkan kayu jadi tidak tahan lama. Cukup menggunakan vacuum cleaner maupun sapu berbulu lembut. Itu memang benar bahwasanya lantai parket mampu menahan air tetapi itu hanya pada permukaan teratas saja, karena itu jika ada air yang tertumpah jangan sampai menunda untuk membersihkannya. Menggeser furnitur akan menyebabkan lantai parket anda cacat, maka jika anda hendak memindahkan furnitur anda, angkatlah dan jangan geser furnitur anda. Uniknya, meskipun lawan utama kayu ialah zat cair, pori-pori lantai parket wajib tetap terpelihara kelembapannya, dengan demikian lantai parket sebaiknya digosok menggunakan zat cair pelembap khusus setiap 3 bulan sekali. Pada perakitan lantai parket, umumnya anda akan melihat bahwasanya antar parket kayu ada semacam pengait yang telah dilapisi formalin. Zat yang sering dipakai sebagai perlindungan terhadap rayap ialah formalin, lantaran formalin amat tidak disukai rayap. Selain formalin, suntikan anti rayap setiap 3 tahun sekali bisa dipakai sebagai tambahan penangkal dengan tujuan melindungi lantai parket anda tetap indah dan kuat.

Dibutuhkan keahlian tukang untuk memasang lantai parket

Waspadalah sebab terlampau banyak tukang yang memasang lantai parket dengan serampangan. Akibatnya nilai estetika lantai parket tersebut jadi tidak tampak. Lantai kayu parket bernilai seni maka tukang yang memasangnya mestilah jeli dan juga hati-hati. Tingkatan warna, pola serat, juga ukuran parket kayu wajib diperhitungkan baik-baik oleh tukang. Tukang yang ahli dan cakap dalam perakitan lantai parket mampu memunculkan semua kelebihan nilai estetis dan lantai kayu. Jika berkenaan dengan lantai parket, ada baiknya anda mengunjungi link partner kami yang sudah berpengalaman di bidangnya jual lantai parket murah jakarta.

Leave a reply "Teknik Pemeliharaan Lantai Kayu dan Teknik Pemasangannya"