Tiga Tips Sebelum Mengganti Noken As Standar Menjadi Noken As Racing

Upgrade Noken As Standar Menjadi Noken As Racing
Peningkatan performa mesin tentu menjadi catatan penting bagi bikers, khususnya pengguna sepeda motor 4 tak. Sebagai bikers memodifikasi motornya agar melaju lebih cepat. Namun bagaimana solusi untuk meningkatkan performa mesin Anda? Salah satunya caranya dengan mengganti komponen noken as normal menjadi noken as racing.

Noken as merupakan komponen penting dalam kendaraan khususnya sepeda motor. Noken as berfungsi sebagai buka tutupnya katup untuk tekanan udara menghasilkan kecepatan tenaga untuk melaju. Noken as memiliki dua tonjolan yang bertugas untuk mendorong klep in dan out mekanisme buka tutup klep selama mesin bekerja. Namun sebelum mengganti noken as standar menjadi noken racing perlu perhatikan tiga hal berikut.

Mengetahui Perbedaan Noken As Standar dengan Noken As Standar

Sebelum melakukan upgrde noken as standar menjadi noken as racing perlu mengetahui perbedaanya. Letak perbedaan kedua jenis noken as tersebut pada ukuran ketinggian lift nok (tonjolan). Beda ketinggian nok ini agar mampu mendorong klep secara optimal sehingga menghasilkan durasi (lama waktu klep membuka) menjadi lebih panjang. Jika durasi buka klep dimana masuknya aliran bahan bakar dan udara masuk keruang pembakaran membutuhkan waktu yang lama tentu bahan bakar dan udara yang dibutuhkan menjadi lebih banyak agar tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar.

Mengetahui Kebutuhan Motor

Setiap noken as racing memiliki tipe dan karakter berbeda serta hasilnya pun berbeda. Jadi penting untuk mengetahui kebutuhan kendaraan Anda. Noken as racing sendiri menawarkan durasi pembukaan klep yang pendek sehingga dapat menghasilkan karakter mesin yang lebih bertenaga di putaran bawah, akan tetapi noken as berdurasi panjang lebih bertenaga pada putaran atas.

Lakukan Pengecekan Komponen Motor

Setelah mengetahui kebutuhan motor Anda, maka lakukan pengecekan kondisi komponen-komponen mesin lain. Seperti rantai kamprat, rocker arm, klep, per klep, dan sebagainya, apakah komponen tersebut dapat menyesuaikan jika noken as diganti dengan noken as racing yang Anda inginkan. Terlebih pengecekan klep apakah kondisinya masih bagus dan cocok atau tidak dengan ketinggian lift noken racing. Sebab klep yang akan langsung berefek dari pergantian noken as dengan perubahan durasi buka tutup. Jika daya pegas klep berkurang tentu tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Perhatikan pula pergantian oli. Pergantian oli dengan kurun waktu yang lama tentu dapat menghambat kinerja komponen bahkan hingga merusaknya. Hal ini diperlukan karena kinerja noken as racing bekerja lebih tinggi tentu membutuhkan pelumasan mesin yang baik agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Itu dia tiga tips yang perlu dilakukan sebelum Anda mengganti noken as standar menjadi noken as racing agar laju kendaran menjadi lebih bertenaga. Ingat bikers, walau sudah mengganti noken as racing dan mendapatkan kecepatan yang lebih safety riding juga perlu dilakukan guna keselamatan dan kenyamanan Anda ataupun pengendara lain saat berkendara, ya.

Leave a reply "Tiga Tips Sebelum Mengganti Noken As Standar Menjadi Noken As Racing"