Tips Belajar Mobil dengan Aman Bagi Pemula

No comment 73 views
Mobil

 

Memiliki sarana transportasi pribadi merupakan keinginan siapa saja, apalagi jika alat transportasi tersebut adalah sebuah mobil yang bisa menambah kebanggaan diri. Mobil kini lebih mudah dimiliki karena cara pembeliannya yang juga lebih dipermudah. Kini pemilik mobil semakin bertambah bukan hanya dari kalangan atas melainkan masyarakat biasa. Harga mobil yang lebih terjangkau membuat angka penjualannya meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun meski begitu, bukan hanya uang yang diperlukan untuk bisa mengendarai sebuah mobil. Keahlian mengemudikan mobil juga menjadi bekal yang diperlukan agar bisa mengendarai mobil dengan baik di jalan raya.

Dengan meningkatnya angka penjualan mobil, semakin banyak pula jasa pembelajaran mengemudi mobil yang dibuka di tengah-tengah masyarakat. Selain jasa berbayar, Anda yang ingin belajar mengemudi mobil juga bisa meminta tolong kerabat yang sudah lebih dulu bisa untuk mengajari Anda mengemudi mobil yang benar. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda praktekkan untuk memberikan rasa nyaman dan mengurangi nervous saat Anda akan belajar mengemudikan mobil untuk pertama kalinya.

1. Kenali tombol operasi dan alat kendali mobil.

Sebelum memulai belajar berkendara, sebaiknya Anda mengenali dan memghafalkan terlebih dahulu semua tombol dan alat pengendali di dalam mobil. Misalnya tombol lampu, wiper, lokasi tangki bensin, tombol AC hingga pedal gas dan rem.

2. Sesuaikan tempat duduk dengan postur tubuh Anda.

Bangku sopir bisa diatur sesuai dengan postur tubuh Anda. sebaiknya mengatur posisi duduk dilakukan sebelum mobil melaju sehingga dapat di setting dengan aman dan hingga nyaman dirasakan.

3. Kenakan sabuk pengaman.

Meski Anda belajar hanya di kawasan kompleks rumah tanpa keluar ke jalan raya, sebaiknya tetap memasang sabuk pengaman untuk menjaga keselamatan. Biasanya pemula akan banyak melakukan kesalahan sehingga mobil bisa terhenti dengan tiba-tiba. Selain untuk manfaat keselamatan, menggunakan sabuk pengaman saat latihan juga bisa menjadikan kebiasaan baik ketika nantinya sudah bisa mengemudikan mobil.

4. Membersihkan kaca dan spion.

Cek kondisi kaca dan spion Anda, betulkan posisinya sesuai dengan kenyamanan dan kesesuaian postur Anda untuk melihat lingkungan luar mobil. Jika kaca terlihat kotor, bersihkan terlebih dahulu sehingga Anda bisa melihat dengan jelas dan akurat.

5. Berdoa.

Saat masih belajar hingga nantinya Anda bisa mengemudikan mobil dengan baik, jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan perjalanan.

Cara-cara di atas sebaiknya dilakukan sebelum memulai berkendara baik saat belajar maupun saat sudah mahir. Jangan lupa untuk mengurus surat ijin mengemudi di kepolisian sebelum Anda mengendarai mobil di jalan raya. Selain belajar mengendarai, sebaiknya Anda juga belajar sedikit mengenai memperbaiki mobil terutama mengganti ban dengan ban cadangan yang sangat diperlukan ketika mobil mengalami kempis ban.

Leave a reply "Tips Belajar Mobil dengan Aman Bagi Pemula"