Yuk..Lihat Tips Belanja Online untuk Lebaran yang Aman dan Hemat

build_links(); ?>

Tips Belanja Online

Lebaran memang diidentikkan dengan sesuatu yang baru, misalnya pakaian baru, sepatu baru, tas baru, mukena baru, hingga barang-barang lain yang sering digunakan menjadi serba baru. Yah, meskipun membeli barang-barang yang serba baru memang bukanlah sebuah masalah, hanya saja Anda jangan sampai kalap sehingga mengesampingkan hal-hal yang bersifat pokok.  Jangan sampai hanya karena keinginan Anda untuk memiliki barang-barang baru justru akan menjadi masalah di hari esok. Sebaiknya penuhi dulu hal-hal yang bersifat wajib, kemudian gunakan uang seperlunya untuk membeli barang baru sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Menjelang momen lebaran seperti saat ini, Anda harus bijak dalam mengatur keuangan Anda agar tidak terjadi kelebihan budget untuk berbelanja. Sebab, menyambut momen lebaran banyak toko online (marketplace) yang mulai gencar memberikan penawaran-penawaran yang menggiurkan. Misalnya, seperti penawaran pada situs ini, selain bisa berbelanja dengan diskon yang besar, Anda juga bisa mendapatkan tambahan keuntungan berupa promo cashback yang bisa Anda gunakan kembali untuk berbelanja di toko online kesayangan Anda. Promo cashback yang diberikan tidak tanggung-tanggung, loh! cashback hingga 75% bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dengan mendaftar gratis melalui situs tersebut.

Nah, buat Anda yang berencana untuk berbelanja persiapan lebaran melalui toko online, sebaiknya simak terlebih dahulu tips-tips belanja online supaya lebih cepat dan aman berikut ini;

  1. Cek harga

Harga memang selalu menjadi pertimbangan utama dalam berbelanja online. Di sebuah marketplace, Anda bisa menemukan banyak sekali barang yang sama dengan harga yang berbeda di ribuan toko online. Dengan banyaknya pilihan ini, Anda harus bijak dalam menentukan toko online mana yang memberikan penawaran harga yang lebih rendah dengan kualitas barang yang sama.

Jika Anda sudah menemukan satu toko online yang menjual barang yang lebih murah, Anda tidak perlu terburu-buru untuk langsung melakukan checkout. Sebaiknya Anda kunjungi beberapa toko online lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Dan selain harga, pertimbangkan juga ongkos kirim yang harus Anda bayarkan nantinya. Jangan sampai harga barang yang murah, justru terbebani dengan ongkos kirim yang mahal. Jika memungkinkan, cara penjual yang berada di satu wilayah dengan Anda, untuk mengurangi beban ongkos pengiriman.

  1. Pahami ukuran

Mengenai ukuran, misalnya ketika membeli pakaian, sepatu dan sebagainya, memang sering menjadi masalah. Terkadang yang kita pesan, justru ketika sampai di tangan tidak sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Akhirnya Anda harus merombak lagi ukuran pakaian agar bisa dikenakan. Atau yang lebih naas-nya barang yang sudah beli menjadi tidak terpakai karena terlalu sempit di badan.

Maka dari itu, Anda harus pahami betul ukuran pakaian yang Anda gunakan, apakah itu ukuran S, M, L, XL atau XXL semuanya harus jelas. Jika Anda tidak yakin dengan ukuran pakaian yang Anda beli apakah akan pas di badan Anda atau tidak, sebaiknya tanyakan langsung kepada penjual melalui fitur chat, bila memungkinkan minta foto real dari barang tersebut agar Anda bisa mereka-reka. Dan perhatikan pula, bila Anda mendapatkan pakaian yang di produksi di luar negeri, biasanya standar ukurannya itu berbeda dengan ukuran badan orang Indonesia. Jadi tanyakan saja lebih mendetail kepada si penjualnya.

  1. Pahami Tentang Kebijakan Toko

Salah satu alasan mengapa belanja online lebih diminati adalah karena masalah keamanaan dan kebijakan toko online. Sebuah toko online yang trusted, biasanya menjelaskan tentang kebijakan tokonya secara mendetail. Kebijakan ini menyangkut tentang pengembalian atau penukaran barang bila barang yang di beli tidak sesuai dengan deskripsi produk.

Contohnya saja, pada deskripsi toko online sudah dijelaskan mengenai warna, ukuran, motif dan sebagainya, dan Anda sudah melakukan pemesan sesuai dengan deskripsi yang dipilih. Akan tetapi ketika barang sudah Anda terima, ternyata barang tersebut tidak sesuai dengan yang Anda pesan. Maka karena adanya kebijakan toko mengenai penukaran barang, maka Anda berhak untuk melakukan penukaran barang sesuai dengan kebijakan tersebut. Begitu pula bila kondisi barang yang diterima dalam kondisi rusak, maka Anda juga bisa melakukan permintaan untuk penukaran barang.

Leave a reply "Yuk..Lihat Tips Belanja Online untuk Lebaran yang Aman dan Hemat"