Tips Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

1 comment 1569 views
build_links(); ?>
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

 

Cara memandikan bayi baru lahir tentu berbeda dengan bayi yang sudah berumur lebih dari 6 bulan. Memandikan bayi yang baru lahir atau dibawah 0 bulan membutuhkan keterampilan dan keberanian yang lebih, karena pada umumnya tubuh bayi masih rapuh dan bayi belum mampu mengangkat kepala sendiri. Tak jarang, mereka yang belum berpengalaman memandikan bayi akan lebih memilih bayinya dimandikan oleh suster atau orang yang lebih berpengalaman. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencegah resiko cedera saat akan memandikan bayinya.

Namun meskipun Anda adalah seorang pemula, memandikan bayi sendiri tentu merupakan pengalaman yang sayang untuk Anda lewatkan. Meskipun pada dasarnya sulit dilakukan, namun dengan latihan dan bimbingan dari yang lebih ahli, bukan tidak mungkin Anda akan mulai terbiasa untuk memandikan bayi Anda sendiri. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba memandikan bayi Anda sendiri dirumah, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ikuti. Lebih jelasnya, berikut cara memandikan bayi yang baik dan benar:

  1. Persiapkan bak mandi bayi yang terbuat dari plastik (food grade) lalu isi dengan air hangat kira-kira setinggi jari telunjuk Anda. Untuk suhu air yang aman buat si kecil, yakni berkisar 32,2 – 37,8 derajat celcius (gunakan termoter mandi). Setelah itu aduk dengan tangan agar panas air tercampur rata. Bila diperlukan Anda bisa menambahkan baby oil di air mandinya.
  2. Persiapkan semua peralatan mandi bayi, mulai dari handuk, sabun bayi, shampo, cutton pad, wash lap dan letakkan ditempat yang mudah Anda jangkau.
  3. Angkat bayi Anda, dan gunakan satu tangan (terkuat) untuk menopang punggung, kepala dan leher bayi dengan lembut. Lalu secara perlahan duduk-kan bayi ke dalam air. Terus topang tubuhnya, sambil mulai membersihkan bagian tubuh depan bayi dengan tangan yang lain.
  4. Ambil cotton pad lalu basahi sebagian, dan usapkan secara lembut ke sekitar mata bayi secara bergantian. Kemudian usap area sekitar mulut, hidung dan bagian wajah lainnya dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi. Dan jangan lupa untuk membersihkan bagian lipatan leher dan belakang telinga, karena bagian ini merupakan bagian yang paling sering dihinggapi oleh bakteri.
  5. Selanjutnya tinggal usap bagian tubuh lainnya dengan menggunakan wash lap. Anda juga bisa menggunakan sabun khusus bayi, agar lebih bersih dan harum. Dan jangan lupa untuk membersihkan area sensitifnya (kelamin) secara lembut dan perlahan untuk menghindari iritasi karena gesekan. Gunakan juga shampoo bayi agar kulit kepala bayi tidak kering dan gatal. Lalu siram tubuhnya secara perlahan dengan air mandinya, hingga semua bagian tubuhnya bersih dari sabun/shampoo.
  6. Jika sudah, Angkat bayi Anda secara perlahan sambil memeluk tubuhnya, lalu baringkan di atas handuk yang lembut dan selimuti tubuhnya agar tetap hangat.
  7. Keringkan tubuh bayi dengan cara menepuk-nepukkan handuk secara lembut ke bagian tubuhnya yang basah. Lalu oleskan body lotion, minyak kayu putih/telon, dan yang lainnya ke tubuh si kecil secara merata. Terakhir beri pakaian yang bersih dan harum, dengan begini tugas Anda memandikan bayi selesai sampai disitu.
  1. author

    om dien1 year ago

    Terima kasih banyak atas saran dan tips nya, ijinkan saya merekomendasikan website ini keteman dan sahabat saya.

    Reply

Leave a reply "Tips Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir"